An Ounce Of Prevention Is Worth A Pound Of Cure: Mahasiswa Tim II KKN Undip Cegah dan Tolak Narkoba Bersama SMP YAPSA Gunung Putri

Kamis pagi (21/07/2022) waktu setempat, Mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan penyuluhan dan kampanye sebagai bentuk aksi mencegah dan menolak narkoba di SMP YAPSA Gunung Putri. Kegiatan dilakukan di dalam rangkaian kegiatan MPLS kelas 7 di SMP YAPSA. Sebelumnya, mahasiswa tim KKN telah melakukan survey, konsultasi, dan juga diskusi dengan dosen pembimbing, kepala sekolah, maupun staff guru SMP YAPSA mengenai kegiatan ini.

IMG-1632

Istilah mengatakan, “An ounce of prevention is worth a pound of cure” atau dalam Bahasa Indonesia biasa dikenal dengan istilah, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Istilah tersebut benar-benar menggambarkan mengenai betapa pentingnya aksi pencegahan terhadap bahan haram yang satu ini. Narkoba yang memiliki kepanjangan narkotika dan obat/bahan berbahaya merupakan salah satu bentuk musuh nyata yang harus kita berantas bersama.

Generasi muda yang diharapkan akan memperbaiki nasib negeri ini harus dipersiapkan dengan sangat baik. Kita harus memastikan bahwa generasi muda telah dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman agar tidak terjerumus ke dalam hal yang buruk. Makadari itu, mahasiswa tim II KKN Undip mengadakan penyuluhan dan juga kampanye mengenai bahaya narkoba agar siswa terhindar dari bahaya narkoba.

Kegiatan penyuluhan berjalan dengan lancar. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi mengenai pengertian narkoba, jenis-jenis dan efek sampingnya, dan juga upaya agar terhindar dari narkoba. Selanjutnya dilakukan tanya jawab interaktif dengan siswa yang membuat suasana menjadi seru. Siswa juga sangat antusias ketika sesi games berlangsung. Kemudian, kegiatan penyuluhan ditutup dengan penandatanganan banner bertuliskan “Cerdas Tanpa Narkoba!” yang dilakukan oleh seluruh peserta MPLS sebagai bentuk kampanye menolak narkoba.

IMG-1667

Penulis: Roshida Rahma Damayanti
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL): Ir. Rudy Hartanto, S.Pt., Ph.D., IPM.
Lokasi: Bojong Nangka, Kec. Gunung Putri, Kab. Bogor
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip