Sukseskan Program Vaksinasi, Mahasiswa KKN Undip dan Puskesmas Gunungpati Gelar Program Vaksinasi di Wilayah Kelurahan Gunungpati

IMG-20220731-WA0115

Kelurahan Gunungpati, (30/07)- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro di Kelurahan Gunungpati turut aktif dalam gerakan penanggulangan pandemi Covid-19 dengan pengadaan vaksinasi. Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan pihak Puskesmas Gunungpati.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi dijalankan, mahasiswa KKN Undip telah melakukan survey jumlah masyarakat Kelurahan Gunungpati yang belum mendapatkan vaksin. Pendataan dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan pihak RW dan RT setempat. Pengambilan data masyarakat yang belum mengikuti vaksin pun, dilakukan juga dengan cara door to door ke rumah – rumah warga.

IMG-20220731-WA0073

Jumat pukul 09.00 WIB, pelaksanaan vaksin dimulai. Warga satu persatu berdatangan dan mendaftarkan diri untuk melakukan vaksinasi. Program yang bertemakan KUTIKULA “Kelurahan Gunungpati Kuat Lepas Corona” didominasi oleh masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi dosis ke 3 atau booster. Ada beberapa warga yang melakukan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2. Mahasiswa KNN membantu tim puskesmas pada bagian pendaftaran peserta vaksin, pengecekan tensi dan juga membantu melakukan cek gula darah.

IMG-20220730-WA0026

Selain melakukan vaksinasi, masyarakat juga mendapatkan pelayanan cek gula darah. Warga yang memiliki kadar gula darah tinggi diberi arahan langsung oleh pihak puskesmas. Program vaksinasi sukses dilakukan yaitu dihadiri oleh lebih dari 30 peserta. Program vaksinasi ini diharapkan dapat menjadi pengingat kita semua untuk dapat menjaga kesehatan bersama dan melawan virus covid-19.

Penulis : Nabila Ulfa Constantia (23020219130087)
Dosen Pembimbing : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng
Program Studi : Agroekoteknologi Angkatan 2019, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro
Lokasi : RW 06, Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang
KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022