TUMBUHKAN GENERASI INTELEK BERETIKA Mahasiswa Undip Sosialisasikan Pentingnya Penerapan Sikap Positif di TK Asrorul Huda

Whats-App-Image-2022-07-27-at-11-05-14-AMBekasi (28/07/2022) – Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk memberikan sosialisasi kepada anak-anak TK mengenai menerapkan sikap positif pada kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan untuk melengkapi kegiatan monodispliner yang dilakukan oleh Nur Intan Ratu Kusuma (21) yang merupakan salah satu mahasiswa dari Fakultas Psikologi. Program sosialisasi ini dilakukan pada hari Rabu, 27 Juli 2022 yang dihadiri oleh 17 anak TK yang dilaksanakan di dalam kelas sekolah Arorul Huda, sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran kepada anak-anak TK mengenai penerapan sikap positif di kehidupan sehari-hari sehingga anak dapat mengetahui sikap apa saja yang harus diterapkan untuk menjadi anak yang baik. Pemberian pemahaman mengenai sikap positif pada anak TK memberikan peluang yang lebih besar untuk membentuk sikap anak menjadi lebih baik, disebabkan anak dengan usia dini merupakan usia yang tepat dalam menerima stimulasi dari luar dan memberikan perkembangan dari aspek kognitif anak (Mustamia’ah, Rahmania, dan Nilasari, 2019). Pemberian contoh sikap yang positif kepada anak usia dini dapat memberikan manfaat dalam membentuk karakter, mengetahui benar dan salah dalam bersikap, melatih kondisi mental pada anak, memberikan sikap disiplin, dan menjadi anak yang tumbuh dengan sikap yang baik.

Sosialisasi ni dilaksanakan di Sekolah RA Asrorul Huda di Kelurahan Jatiwarna yang dibantu oleh dua guru pendamping untuk membantu dalam mengatur anak lebih efektif dalam mendengarkan sosialisasi. Sosialisasi ini dilaksanakan dengan memberikan materi mengenai pengertian sikap, pengertian sikap positif dan negatif, contoh sikap positif dan negatif serta memberikan contoh sikap positif yang harus diterapkan di kehidupan sehari-hari. Kegiatan dilakukan dengan aktif dengan memperbanyak melakukan interaksi dua arah kepada anak-anak agar dapat tertarik dalam mendengarkan sosialisasi yang diberikan. Selain itu, dilakukan sesi kuis dalam membantu anak untuk mengingat kembali apa sudah yang dijelaskan materi sebelumnya dan membantu anak untuk menerapkan sikap positif serta menghindari dalam melakukan sikap negatif. Anak-anak sekolah RA Asrorul Huda sangat aktif dan mendengarkan materi dengan baik serta interaktif dalam menjawab kuis. Untuk anak-anak yang dapat menjawab kuis yang diberikan maka mendapat hadiah buku cerita dan terakhir melakukan sesi dokumentasi dengan semua guru.

Penulis : Nur Intan Ratu Kusuma – 15000119120006 – Fakultas Psikologi
DPL : dr. Siti Fatimah, M. Kes.
Lokasi : Kelurahan Jatiwarna, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat