HEBOH !!! Cegah Pencemaran Perairan Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Manfaatkan Limbah Cair Tahu Menjadi Pupuk Organik Cair (POCIR)

Desa Kalongan, 29 Juli 2022
Limbah tahu merupakan bahan atau materi buangan yang timbul akibat dari kegiatan produksi tahu. Limbah yang dihasilkan berupa limbah padat (ampas tahu) dan limbah cair yang berasal dari air cucian kedelai, perendaman kedelai dan pencucian peralatan produksi. Limbah yang dominan terbuang ke perairan yaitu dalam bentuk cair dan berpotensi mencemari perairan.

Salah satu potensi yang ada di Desa Kalongan khususnya di wilayah Dusun Kajangan yaitu terdapat home industry pembuatan tahu. Umumnya masyarakat di sekitar industri tersebut hanya memanfaatkan limbah (ampas) tahu menjadi pakan ternak, sedangkan limbah cair tahu hanya dibuang begitu saja. Hal ini apabila dibiarkan begitu saja akan berdampak pada penurunan kualitas air, bau yang tidak sedap, terjadinya eutrofikasi (pengkayaan unsur hara) bahkan menyebabkan kematian biota perairan.

Berdasarkan permasalahan tersebut Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022 melakukan kegiatan sosialisasi serta pendampingan pembuatan POCIR (Pupuk Organik Cair) dari limbah cair tahu di Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Program ini dilakukan untuk memberikan informasi serta meningkatkan ketrampilan masyarakat mengenai pemanfaatan limbah cair tahu di Desa Kalongan yang belum banyak dimanfaatkan dengan baik untuk dapat dimanfaatkan menjadi Pupuk Organik Cair. Limbah cair tahu dapat dijadikan salah satu alternatif pengganti pupuk kimia dikarenakan secara alami limbah tahu memiliki kandungan unsur N, P, K (nitrogen fosfat dan kalium) yang cukup tinggi sehingga mendukung pertumbuhan tanaman.

IMG-4574

Gambar 1. Pemaparan Materi

Kegiatan ini diadakan di Balai Desa Kalongan pada pukul 15.00-16.00 dan disambut baik oleh masyarakat Desa Kalongan. Kegiatan diawali dengan pemaparan terkait dengan pencemaran perairan kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan pupuk organik cair dari limbah tahu. Masyarakat yang hadir sangat antusias terutama pada saat sesi demonstrasi berlangsung.

IMG-4570

Gambar 2. Demonstrasi Pembuatan Pupuk Organik Cair

Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan limbah serta memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat Desa Kalongan terkait pemanfaatan limbah cair tahu menjadi pupuk organik cair (POCIR). Program ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh masyarakat Desa Kalongan agar dapat diproduksi secara masal oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, para petani juga dapat menghemat pengeluaran untuk pembelian pupuk kimia.

IMG-4579

Gambar 3. Foto Bersama Masyarakat dan Tim KKN

Penulis : Vega Luluh Pratiwi (26010119120008)
Manajemen Sumberdaya Perairan – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
DPL: Ir. Sutrisno, M.P.