Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2022, Laksanakan Program Peningkatan Pengetahuan Budidaya Ikan Melalui Pembuatan Aquascape kepada Anak Usia Sekolah

IMG-20220730-WA0012

(Bekasi, 30 Juli 2022) mahasiswa KKN Tim II 2021/2022 Universitas Diponegoro, Semarang yakni Daffa Talitha Widyadhana mengadakan program kerja monodisiplin yaitu “Peningkatan Pengetahuan Budidaya Ikan yang Baik dan Berkelanjutan Melalui Pembuatan Aquascape”.

1970-01-20-115304038

Program ini dilaksanakan di Desa Simpangan, Cikarang Utara dengan sasaran kelompok yakni anak – anak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Hal yang melatarbelakangi program ini adalah di kalangan masyarakat khususnya anak – anak usia sekolah ini, informasi mengenai budidaya ikan yang baik dan sesuai standar terbilang jarang diketahui. Sesuai dengan poin SDGs point 2 dan 14 yang berisi mengenai pemerataan pengetahuan mengenai mekanisme budidaya yang baik dan berkelanjutan, menjadi dasar program tersebut.

Aquascape itu sendiri merupakan seni menghias tanaman dan objek di dalam air yang dipadukan dengan Ikan dalam wadah. Aquascape dipilih sebagai media pembelajaran kepada anak – anak karena dapat mudah dipahami dan menarik. Kegiatan yang dilakukan selama KKN ini adalah sosialisasi mengenai aquascape. Selain itu demonstrasi bersama antara mahasiswa dan anak anak dalam pembuatan aquascape.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai aquascape ini. .

Penulis : Daffa Talitha Widyadhana, Departemen Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Angkatan 2019
DPL : Nissa Kusariana, S.KM., M.Kes