MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNDIP MEMBERIKAN TIPS MEMBERDAYAKAN KELUARGA MENUJU KELUARGA HEBAT DAN HARMONIS BEBAS KDRT

Microsoft-Teams-image-69

Sukorejo, Kota Semarang (23/07/2022) – Juverio Pangestu dari Fakultas Psikologi salah seorang Mahasiswa Universitas Diponegoro yang mengikuti KKN TIM II Undip telah melaksanakan program kerja monodisiplin berupa kegiatan psikoedukasi dengan nama program “Pilar Dalam Keluarga Untuk Membangun Keluarga Harmonis: Psikoedukasi Upaya Mewujudkan Keluarga Harmonis dan Memberdayakan Keluarga Untuk Mencegah KDRT” di Senam Sehat Lansia RW 5, Kelurahan Sukorejo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dikutip dari DP3A Kota Semarang bahwa jumlah kekerasan yang terjadi di kota Semarang mencapai 100 kasus dengan jumlah korban 8 orang laki- laki dan 98 perempuan. Sementara itu, jumlah kekerasan dalam rumah tangga adalah yang paling terbanyak yakni sebanyak 52 kasus. Angka tersebut cukup memprihatinkan apabila tidak ditangani dengan baik. Kemudian, untuk kecamatan gunung pati terdiri dari 2 kasus KDRT, dengan jumlah korban 1 orang laki- laki dan 4 orang perempuan. Melihat hal tersebut, tentu diperlukan tindakan preventif dari perspektif Psikologi untuk mencegah terjadinya KDRT yang semakin tinggi agar sebuah keluarga dapat memberdayakan keluarganya dengan lebih baik.

Microsoft-Teams-image-70

Kegiatan tersebut dilakukan dengan pemaparan materi disertai dengan sesi sharing mengenai permasalahan yang dihadapi oleh ibu- ibu yang sudah berkeluarga. Selain itu, kegiatan ini pun diberikan modul pendamping yang berisi mengenai pemahaman akan pentingnya memberdayakan keluarga menjadi sebuah keluarga yang harmonis, pola komunikasi yang baik, dan baik ibu, bapak maupun seorang anak dapat menerapkan metode I-Message yang berfungsi untuk mereduksi emosi dan menerapkan perilaku asertif yang disajikan didalam modul tersebut.

Microsoft-Teams-image-68

Respon atau tanggapan yang diberikan oleh ibu- ibu tersebut pun sangat baik. Salah satunya respon yang diberikan seperti “Program ini sangat membantu kami untuk ibu- ibu yang terbiasa menghadapi masalah rumah tangga sehari- hari mas” ujar salah seorang ibu yang hadir.
Dengan adanya program ini, masyarakat diharapkan mampu berdayakan keluarganya secara mandiri dan dapat melakukan tindakan preventif untuk mencegah KDRT.
Penulis: Juverio Pangestu (Psikologi – Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing Lapangan : Prof. Dr. Meiny Suzery, MS.
Lokasi : Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang.
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022