UMKM Semakin Melek Digital Dengan Adanya Edukasi Ekonomi Kreatif Oleh Mahasiswa KKN
Siwalan (24/7), Mahasiswa melakukan pelaksanaan program keilmuan “Edukasi Ekonomi Kreatif Melalui Digital Marketing” mendapatkan perhatian dari UMKM yang dinaungi oleh PKH atau Program Keluarga Harapan. Edukasi ini dilakukan untuk membuat UMKM menjadi lebih melek dunia digital terutama dimasa pandemi ini. Pelaksanaan program keilmuan (24/7) yang dilakukan di Balai Kelurahan Siwalan mendapatkan sambutan hangat dari para UMKM yang dinaungi oleh PKH (Program Keluarga Harapan). Karena banyaknya UMKM yang mengikuti acara ini, sehingga penulis selaku Mahasiswa KKN bersama Bu Ririn selaku ketua PKH membagi menjadi 2 shift yaitu pada jam pagi (09.00 – 12.00) dan jam siang (12.00 – 14.00).
Program ini dilakukan karena ekonomi kreatif di masa pandemi sangatlah penting. Perubahan konsumsi yang cenderung menyukai kegiatan online, mengharuskan UMKM untuk belajar menggunakan media digital sebagai salah satu cara marketing yang mudah dan efektif. Banyak manfaaat dari ekonomi kreatif berbasis digital marketing yaitu inovasi berkembang pesat, membangun nama produk, sumber daya semakin kreatif, kualitas produk semakin bagus, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Ekonomi kreatif berbasis digital marketing tentunya tidak memerlukan banyak biaya. Dengan memanfaatkan media sosial, UMKM dapat mempromosikan produk yang dijual ke cakupan yang lebih luas dan cepat dalam penyebaran informasi produk. Total dari kehadiran para pemilik UMKM cukup banyak yaitu sekitar 100 orang yang terbagi menjadi 2 pada shift pagi dan siang. Antusias pemilik UMKM ini berharap bahwa digital marketing ini dapat meringankan produksi dan meningkatkan pendapatan mereka di masa pandemi.
Anisa Anidya – FEB UNDIP 2019
Dosen Pembimbing : Ir. R.T.D. Wisnu Broto, M.T.
Kelurahan Siwalan, Kecamatan Gayamsari
KKN Undip Tim II Kota Semarang 2021/2022