Dukung Pendidikan Berkualitas, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Siswa SD Belajar Bersama Biologi

1-berita

Semarang (14/07/2022), dalam rangka mendukung program pembangunan berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDG’s) pada goal ke-4 yaitu “Pendidikan Berkualitas”. Emilia, mahasiswa S1-Biologi yang merupakan peserta KKN TIM II UNDIP melaksanakan program Belajar Bersama Biologi (BBB). Program BBB merupakan kegiatan praktik mengajar mata pelajaran Biologi bagi anak SD yang dikemas dalam proses belajar dan mengajar yang menarik dan asik.

Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia) menjelaskan bahwa salah satu target pilar sosial dari goal “Pendidikan Berkualitas” yaitu pada tahun 2030, menghilangkan disparitas gender dalam pendidikan, dan menjamin akses yang sama untuk semua tingkat pendidikan dan pelatihan kejuruan, bagi masyarakat rentan termasuk penyandang cacat, masyarakat penduduk asli, dan anak-anak dalam kondisi rentan. Oleh karena itu, program ini dilakukan dengan mengadakan praktik mengajar anak-anak sesuai bidang ilmu mahasiswa guna mewujudkan goal tersebut.

2-berita-fix

Program BBB ini dilaksanakan di SDN Salaman Mloyo 01 pada 14 Juli 2022. Sasaran kegiatan yakni siswa-siswi kelas 6 dengan jumlah 14 anak. Kegiatan diawali dengan penjelasan materi seputar “Jenis-Jenis Nutrisi dan Sistem Pencernaan dalam Tubuh Manusia”. Proses belajar mengajar berlangsung dengan lancar tanpa kendala, serta diikuti dengan kegiatan evaluasi berupa kuis berhadiah. Seluruh siswa kelas 6 SDN Salaman Mloyo sangat antusias menjawab pertanyaan yang diberikan. Gita (siswi kelas 6 SDN Salaman Mloyo 01) dan dua teman lainnya berhasil menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat, serta berhasil membawa pulang bingkisan. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian modul untuk belajar di rumah dan foto bersama.

berita-sd

Penulis: Emilia Yosephine B
DPL: Novia Sari Ristianti, S.T., M.T.
Lokasi KKN: Kelurahan Salaman Mloyo, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah