HIPERTENSI & KOLESTEROL NAIK SETELAH IDUL ADHA? JANGAN PANIK!!! MAHASISWA KKN UNDIP MENGAJAK WARGA DESA SUMAMPIR UNTUK CEK KESEHATAN GRATIS

Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga (22/07/2022) – Mahasiswa yang tergabung dalam TIM II KKN UNDIP tahun 2021/2022 mengajak seluruh warga Desa Sumampir untuk hadir dalam kegiatan cek kesehatan gratis yang bertempat di Aula Balai Desa Sumampir.

Kesehatan merupakan hal yang penting/sentral demi keberlanjutan kehidupan yang memadai, sehat sendiri memiliki makna dimana keadaan yang sejahtera dan seimbang baik jasmani atau rohani yang memungkinkan seseorang hidup produktif secara social dan ekonomi. Banyak faktor yang dapat mengganggu stabilitas kesehatan, diantaranya kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan kurangnya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Banyak masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan belum sadar betul tentang pentingnya kesehatan. Terlebih masyarakat dengan usia lanjut dengan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan sangat minim. Posbindu di Desa Sumampir sudah berjalan dengan baik dan memfasilitasi warga sekitar untuk cek kesehatan gratis setiap 4 bulan sekali. Namun, beberapa warga mengatakan jarang mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan mereka merasa cek kesehatan bukan sesuatu hal yang penting. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP mengadakan kegiatan cek kesehatan gratis untuk warga sekitar yang bertujuan agar dapat mengubah pola pikir masyarakat akan pentingnya kesehatan.

Kegiatan cek kesehatan gratis ini dilaksanakan dua minggu setelah Lebaran Idul Adha, kita tahu bahwa daging merah seperti sapi dan kambing merupakan salah satu penyebab naiknya hipertensi dan kolesterol. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi warga sekitar. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami dibantu oleh Tim Posbindu Desa Sumampir yang berjumlah 10 orang. Dalam kegiatan cek kesehatan gratis ini, kami memfasilitasi warga sekitar untuk pengukuran antropometri (tinggi badan, berat badan, lingkar perut), pengecekan tekanan darah, pengecekan gula darah, dan pengecekan kolesterol. Antusias warga sekitar sangat tinggi, warga yang hadir mencapai 50 orang yang berasal dari kalangan lansia dan pra lansia. Saat melakukan cek kesehatan gratis, kami juga mencatat setiap hasilnya di sebuah kertas kecil yang nantinya akan dibawa oleh warga yang datang agar dapat disimpan. Selain itu, mahasiswa juga memberikan edukasi terkait hipertensi, diabetes, dan kolesterol setelah dilakukan pengecekan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi secara umum terkait penyakit hipertensi, diabetes, dan kolesterol.

Media yang digunakan untuk memberikan edukasi yaitu berupa leaflet yang di dalamnya berisi pengertian, tanda bahaya, faktor risiko, komplikasi, dan pencegahan. Kami membuat tiga leaflet, yaitu leaflet mengenai penyakit hipertensi, leaflet diabetes, dan leaflet kolesterol. Leaflet ini kami berikan kepada peserta kegiatan untuk dibawa pulang agar dapat dijadikan bahan bacaan sehingga dapat membangun kesadaran untuk selalu menjaga kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat dan rutin mengecek kesehatannya.

Respon dari warga sekitar sangat baik dan antusiasmenya sangat tinggi membuat program ini berjalan dengan lancar. Harapan dari kami, semoga kegiatan ini dapat bermafaat dan warga sekitar menjadi lebih paham akan pentingnya menjaga kesehatan dengan selalu rutin cek kesehatan. Selain itu, kami berharap masyarakat Desa Sumampir menjadi rajin mengikuti kegiatan cek kesehatan gratis yang dilaksanakan oleh Posbindu setempat setiap 4 bulan sekali.

Penulis : Destriana Putri Amalia/Fakultas Kedokteran
DPL : Dr. Prasetyo Budi Widodo, S.Psi.M.Si
Lokasi : Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga