Penyuluhan Rumah Sehat dan Bank Sampah di Desa Pretek

Pada hari selasa tanggal 25 Juli 2017 telah berlangsung suatu program monodisiplin dari salah satu mahasiswa atas nama David Prastya dengan program Penyuluhan Rumah Sehat dan Bank Sampah di Kantor Balai Desa Pretek. ProgramĀ  ini ditujukan untuk ibu-ibu PKK yang ada di Desa Pretek dan bertujuan untuk mengenalkan bagaimana cara mengatur dan mengelola rumah dengan benar dan sehat. Kemudian jika terdapat banyak sampah yang tidak terpakai di rumah bisa dimanfaatkan lagi ataupun bisa menghasilkan uang tambahan. Terlebih lagi agar tetap menjaga lingkungan sekitar rumah tetap bersih dan sehat sehingga layak untuk dihuni dan berbahaya bagi anak-anak.

Ibu-ibu PKK disini diberikan sedikit materi tentang bagaimana seharusnya mengatur rumah agar menjadi kategori rumah yang sehat. Kemudian tentang bank sampah diberikan pengetahuan tentang sampah apa saja yang dapat dipakai lagi ataupun didaur ulang. Karena sebagian besar ibu rumah tangga di desa Pretek belum mengetahui tentang pengolahan sampah rumah tangga yang ada saat ini.

Selanjutnya pemapar materi menjelaskan mengenai alur dari bank sampah:

  1. Pemilahan sampah yang ada dirumah
  2. Penyetoran
  3. Penimbangan
  4. Pencatatan hasil sampah dalam buku tabungan
  5. Penjualan sampah ke pengepul sampah dan mendapatkan hasil

Kemudian langkah mudah untuk membentuk Bank Sampah:

  1. Membentuk Kelompok Kerja

Yaitu dengan membuat organisasi/kepengurusan dari Bank Sampah secara sederhana

  1. Sosialisasi Mengenai Manfaat Bank Sampah

Yaitu dengan membuat forum formal/informal guna memberikan pengetahuan tentang pentingnya penglolaan sampah secara mandiri.

  1. Bentuk Sentra Pengumpulan Sampah

Yaitu membuat tempat untuk tempat penampungan dan pengumpulan sampah untuk sementara sebelum disalurkan ke pengepul ataupun dapat dijadikan tempat pameran untuk hasil daur ulang kreasi dari masyarakat yang bisa kemudian dijual.

Untuk lingkungan yang bersih dan sehat pastinya akan menjadi idaman bagi setiap warga. Oleh karena itu perlu adanya sebuah gerakan yang nyata untuk mewujudkan hal tersebut. Dan bank sampah menjadi sebuah solusi dimana setiap elemen masyarakat dapat berpartisipasi dalam menjaga lingkungannya tersebut.

21

Gambar 1. Sosialisasi mengenai rumah sehat

21a

 

Gambar 2. Penyuluhan bank sampah