Bantu Meningkatkan Penghasilan UMKM, Mahasiswi KKN TIM II UNDIP 2021/2022 Sosialisasikan E-Commerce kepada Kelompok UMKM Desa Menganti

Dokumentasi-Sosialisasi

Menganti (26/07). Salah satu media komunikasi yang dapat digunakan pelaku usaha untuk mempromosikan usahanya adalah komunikasi media maya atau media internet. Pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM) dapat memanfaatkan e-commerce dan marketplace yang memberikan peluang yang besar untuk bisa mengekspansi penjualan produk mereka melalui media digital. Pelaku UMKM perlu memanfaatkan bermacam cara untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan produk mereka, salah satunya dengan memanfaatkan peluang yang ada. Namun, berdasarkan data yang dirilis oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UMKM), pada tahun 2021 baru sekitar 3.79 juta pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8 persen dari total pelaku UMKM di Indonesia, yaitu 59,2 juta.

Oleh karena itu dalam kesempatan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswi UNDIP (Gina Dias Triani, D4 Informasi dan Hubungan Masyarakat) berinisiatif melakukan sosialisasi kepada kelompok UMKM Desa Menganti untuk meningkatkan penjualannya melalui pasar online. Kegiatan ini dilaksanakan pada 26/07/2022) bertempat di kediaman ketua kelompok UMKM Bapak Faruq, yang dihadiri oleh 11 orang perwakilan kelompok UMKM Desa Menganti. Sosialisasi ini sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM serta komunitas masyarakat mengenai metode pemasaran elektronik di Desa Menganti. Selain dihadiri pelaku UMKM juga dihadiri oleh perwakilan perangkat desa.

IMG-3439

Menurut Pak Faruq salah satu pegiat UMKM di Desa Menganti, menyampaikan “sangat berterima kasih kepada tim KKN UNDIP Desa Menganti karena telah menggagas acara sosialisasi ini” Dirinya juga berharap pemasaran produk UMKM unggulan Desa Menganti bisa diperluas agar penyerapan tenaga kerja juga semakin banyak. Selain itu, ia berharap kerja sama dengan UNDIP tidak hanya sampai pada program KKN tahun ini, tetapi di tahun-tahun selanjutnya agar dapat membimbing warga Desa Menganti bukan hanya terkait e-commerce tapi juga terkait pelatihan teknologinya.

Dari seluruh rangkaian kegiatan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini, dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut: (1) Kegiatan KKN sosialisasi dan pelatihan digital marketing ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan peserta dalam memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran produk, sehingga memberikan peluang untuk memperluas pasar produk yang dapat berimbas pada peningkatan omset usaha; (2) Kegiatan KKN sosialisasi dan pelatihan digital marketing sebagai sarana pemasaran produk sangat perlu karena perkembangan era teknologi yang menuntut para pelaku usaha untuk bersaing secara global dengan sistem pemasaran online.

Adapun saran yang dapat disampaikan untuk peningkatan kegiatan selanjutnya, yaitu karena biaya yang didanai terbatas, maka belum dapat menjangkau peserta dalam kuantitas lebih banyak dan waktu pelatihan dilakukan secara singkat, sehingga diharapkan adanya dana yang cukup agar program dapat dilaksanakan dengan melibatkan peserta yang lebih banyak dan waktu yang memadai. Adapun rencana program selanjutnya untuk memaksimalkan kegiatan sebelumnya maka perlu diselenggarakan program sosialisasi dan pelatihan pembuatan merek beserta regulasinya.

Penulis: Gina Dias Triani
(D4 Informasi dan Hubungan Masyarakat Sekolah Vokasi 2019)
DPL: Dr. Ir. Martini, M.Kes
Lokasi KKN: Desa Menganti, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara.
#KKNTimIIUNDIP2022 #UNDIP #P2KKN #LPPMUNDIP #KKNUNDIP2022