Tanamkan Perilaku Waspada Narkoba Sejak Dini, Mahasiswa Tim II KKN Undip Sambangi SDN 02 Sembungharjo

Pemaparan Sosialisasi Tentang Penyalahgunaan dan Kegunaan Narkoba di SDN 02 Sembungharjo
Pemaparan Sosialisasi Tentang Penyalahgunaan dan Kegunaan Narkoba di SDN 02 Sembungharjo

SEMARANG – Lurah Sembungharjo, Kecamatan Genuk, Marjono, mengatakan ada satu kasus penyalahgunaan narkoba per tahun 2021-2022 di kelurahannya. Hal ini lantas menjadi fokus bagi Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro agar bisa membantu mencegah kasus penyalahgunaan narkoba yang ada.
Wilayah kota Semarang merupakan wilayah yang menyumbang pelaku paling banyak, khususnya untuk peredaran ilegal ganja, sabu, dan pil ekstasi. Data BNN menunjukan fakta bahwa peredaran narkoba beredar di berbagai lapisan masyarakat, kebanyakan pemakai narkoba dari kalangan remaja dan pekerja.
Dari masalah tersebut, Tim II KKN Undip Kelurahan Sembungharjo mencoba untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba melalui sosialisasi kepada anak usia sekolah dasar. Program yang dilaksanakan pada hari Senin (25/7/2022) ini mengusung tema “Pentas Pengenalan Terkait Kegunaan dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika di Tingkat Sekolah Dasar.” di SDN 2 Sembungharjo, Kelurahan Sembungharjo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Program yang terfokus pada dua kelas tingkat kelas 6 sekolah dasar ini, diwarnai dengan aktivitas pentas ‘kenal narkoba’ yang dihiasi riang gembira anak.
Harapannya, program multidisiplin ini dapat membuat siswa menjadi waspada dengan penyalahgunaan narkoba tanpa stigma. Kepala sekolah SDN 2 Sembungharjo, Mutasaroh, turut berharap agar siswa terhindar dari penyalahgunaan narkoba dan rokok sebagai media yang bisa membawa siswa pada penyalahgunaan narkoba.

Penulis: TIM II KKN Universitas Diponegoro Kelurahan Sembungharjo

Lokasi: Kelurahan Sembungharjo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Akhmad Ismail, M.Si.Med