MASYARAKAT MERUGI HINGGA TRILIUNAN? SUDAH SAATNYA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL SECARA CERDAS UNTUK MENCEGAH INVESTASI ILEGAL

Pelaksanaan Sosialisasi Monodisiplin Smart Investing
Pelaksanaan Sosialisasi Monodisiplin Smart Investing

Kelurahan Bendan Ngisor (22/07/2022), maraknya kasus penipuan investasi ilegal mendorong mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2021/2022 yaitu Wahyuni Putri Mumpuni untuk mengadakan program monodisiplin berupa sosialisasi peningkatan literasi digital secara cerdas untuk mencegah investasi ilegal. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai ciri dari investasi ilegal, cara terhindar dari investasi ilegal, dan platform terpercaya yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk berinvestasi.


Pemaparan Materi

Bagai pisau bermata dua kemudahan yang dihadirkan oleh internet tidak selamanya memberikan dampak positif, berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan nilai kerugian masyarakat akibat investasi ilegak sejak tahun 2011 – 2021 mencapai 117,5 triliun. Oleh karenanya, perlu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap produk-produk investasi yang hadir di tengah-tengah masyarakat sehingga masyarakat tidak mudah tergiur untuk berinvestasi di tempat yang tidak memiliki legalitas yang jelas.

Sosialisasi dilaksanakan di balai kelurahan Bendan Ngisor, pada hari Jumat, 22 Juli 2022, dimulai pada pukul 09.00 – 10.30 WIB. Acara yang dilaksanakan secara luring ini dihadiri oleh 35 audience yang mayoritas merupakan ibu-ibu. Selain itu, terdapat pengurus karang taruna dan ketua RW yang turut hadir dalam acara sosialisi. Selama acara berlangsung audience yang hadir terlihat antusias dilihat dari cukup banyaknya yang bertanya pada sesi tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab, acara sosialisi ditutup dengan pemberian doorprize yang diserahkan oleh ibu lurah Bendan Ngisor.


Pemberian Doorprize oleh Ibu Lurah

Diharapkan setelah diadakannya acara ini masyarakat dapat lebih meningkatkan kemampuan literasi digital dan lebih sadar serta cermat dalam memilah tempat investasi, serta tidak mudah termakan omongan manis dari afiliator yang menawarkan produk investasi ilegal. Selain itu, dengan diadakannya sosialisasi masyarakat dapat tertarik untuk memulai investasi secara cerdas.

Penulis: Wahyuni Putri Mumpuni
DPL: Agustin Erna Fatmasari S.Psi., M.A
Lokasi: Kelurahan Bendan Ngisor, Kecamatan gajah Mungkur, Kota Semarang