Penggunaan Media Pembelajaran Dadu Angka Terhadap Siswa Sekolah Dasar (SD) Sebagai Upaya Dalam Pengenalan Statistika Dan Matematika

Statistika – Matematika selalu di anggap siswa adalah suatu hal yang sulit untuk dipelajari. Pandangan siswa tentang matematika selalu berputar dengan perhitungan dan rumus yang rumit. Hal ini yang mengakibatkan banyak siswa tidak menyukai pembelajaran matematika. Menurut Dienes (Ruseffendi 2006:156), Terdapat anak-anak yang menyenangi matematika hanya pada permulaan mereka berkenalan dengan matematika yang sederhana. Makin tinggi sekolahnya makin sukar matematika yang di pelajarinya makin kurang minatnya. Disamping itu terdapat banyak anak-anak yang setelah belajar matematika bagian yang sederhanapun banyak yang tidak dipahaminya, banyak konsep yang dipahaminya secara keliru. Matematika dianggap sebagai ilmu yang sukar, ruwet dan banyak memperdayakan.

3M-2

Oleh karena itu Untuk membantu permasalahan tersebut Leviana Agita Sari, Mahasiswa Jurusan Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, Peserta KKN TIM II UNDIP Tahun 2021/ 2022, dengan dosen pembimbing Bapak Ocid Mursid S.T, M.T membuat program edukasi “Penggunaan Media Pembelajaran Dadu Angka Terhadap Siswa Sekolah Dasar (SD) Sebagai Upaya Dalam Pengenalan Statistika Dan Matematika”. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Bajomulyo, Kecamatan Juwana, dengan lingkup kegiatan meliputi pengenalan dasar perhitungan mean, modus, median serta pembuatan diagram lingkaran, diagram batang, diagram garis dengan menggunakan media pembelajaran dadu angka sebagai games daya tarik. Pemaian dadu angka di sini ditujukan untuk memperoleh data angka dari setiap pelemparan yang dilakukan oleh siswa. Data yang telah diperoleh akan di hitung nilai mean, median dan modus nya. Siswa sangat antusias dengan sesi pembelajaran sambil bermain dadu angka. Kegiatan ini merupakan implementasi SDGs nomor 4 yaitu Quality Education atau Pendidikan Berkualitas.

3M-1

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mengubah sudut pandang siswa khususnya siswa SDN Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati akan matematika hal yang sulit menjadi perhitungan adalah hal yang menyenangkan serta mampu membantu siswa dalam memahami dan mempelajari matematika- statistika.

Penulis : Leviana Agita Sari – S1 Statistika UNDIP
Lokasi KKN : Desa Bajomulyo, Juwana, Pati.
DPL : Bapak Ocid Mursid S.T, M.T