Kecanduan Game Online, Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Pentingnya Bijak Dalam Berinternet Kepada Remaja di Kelurahan Proyonanggan Tengah.

Reportase-1

Proyonanggan Tengah – Kamis (28/07), fenomena game online yang popular di kalangan remaja memberikan beberapa tanggapan baik positif maupun negatif. Tetapi, tidak sedikit masyarakat menganggap bahwa game online lebih tidak bermanfaat. Hal ini disebabkan karena para remaja justru menghabiskan waktu dan uang yang cukup banyak hanya untuk game semata. Disamping itu, perilaku mereka dalam berinteraksi di game juga kurang baik seperti ditandai dengan Toxic Behaviour. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian warga akan ancaman persatuan dan persaudaraan para remaja yang akan semakin terkikis akibat kemajuan teknologi.

Jumlah remaja yang aktif di sekitar kelurahan bisa dibilang cukup banyak. Selain itu, di beberapa tempat terdapat suatu kepengurusan karang taruna yang cukup aktif. Dengan jumlah remaja dan karang taruna yang cukup banyak tersebut memberikan suatu potensi yang cukup baik bagi kelurahan. Remaja pada umumnya memiliki kreatifitas dan semangat yang tinggi, mereka juga sering melakukan berbagai aktifitas secara bersama-sama dan gotong royong. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika potensi yang baik tersebut justru dihabiskan dengan bermain game online saja.

Berdasarkan permasalahan dan potensi tersebut, Muhammad Adnan Assidiq, mahasiswa KKN Tim 2 Undip Tahun 2021/2022 berusaha memberikan idenya untuk mensosialiasikan mengenai “Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet Dengan Baik.” Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan beretika dalam berinternet oleh para remaja di Kelurahan Proyonanggan Tengah.

Reportase-2

Mahasiswa KKN Undip melaksanakan sosialisasi melalui seminar dengan mempresentasi materi kepada para remaja di kelurahan Proyonanggan Tengah. Acara dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d 11.00 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 21 orang. Selain itu, media poster yang dibuat oleh mahasiswa juga dipajang pada papan pengumuman di sekitar lokasi Kelurahan.

Salah satu pengurus kelurahan kelurahan mengungkapkan rasa terimakasih atas kegiatan mahasiswa tersebut yang berusahan untuk meningkatkan kesadaran akan potensi berinternet kepada para remaja di Proyonanggan Tengah. Diharapkan dengan berjalannya program ini, para remaja dapat bijak dalam berinternet salah satunya adalah dengan menggunakan potensi ide kreatif dan semangat mereka untuk mendapatkan penghasilan tambahan menggunakan cara mereka sendiri yang kreatif, bukan hanya untuk permainan atau game semata.

Penulis : Muhammad Adnan Assidiq – FEB UNDIP – 12020119120005
Dosen Pembimbing Lapangan : Desyta Ulfiana, S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Proyonanggan Tengah, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang