Masyarakat Desa Keblukan Sadar Sampah

IMG_1077

Pada Kamis (3/8/2017), mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro di Desa Keblukan, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung melaksanakan salah satu program monodisiplin yaitu “Pendidikan Manajemen Persampahan dan Pengelolaan Sampah”. Kegiatan ini dilakukan di Dusun Gembolan berbarengan dengan kegiatan pengajian rutin ibu – ibu di dusun tersebut. Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 30 orang ini berlangsung pada pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

IMG_1069

Pemaparan dalam kegiatan ini didasari oleh program 100 – 0 – 100 dari Pemerintah yang menargetkan 100% akses xair bersih, 0% pemukiman kumuh dan 100% akses sanitasi pada tahun 2019 nanti. Maka dari itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan mengenai manajemen persampahan yang juga merupakan salah satu akses sanitasi, berbasis masyarakat yang mandiri dengan melakukan beberapa alternatif pengelolaan yang sederhana.

Secara umum di Desa Keblukan, sampah hasil sisa kegiatan masyarakat masih belum dikelola dengan sistem yang baik. Sampah yang dihasilkan oleh masyarakat masih dikumpulkan di pekarangan rumah tanpa pewadahan yang selayaknya dan kemudian dibakar. Dampak dari pembakaran sampah tersebut perlu diketahui oleh masyarakat, karena dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar desa. Melalui kegiatan ini, dijelaskan secara sederhana mengenai paradigma pengelolaan sampah yang seharusnya sudah berlaku di Indonesia saat ini, yaitu pilah – kumpul – angkut – proses. Jadi, sampah yang dihasilkan seharusnya melalui tahapan pemilahan dan pewadahan, kemudian pengumpulan, pengangkutan dan pemrosesan akhir di TPA.

Selain itu juga, diberikan beberapa alternatif pengelolaan sederhana yang bisa dilakukan karena terbatasnya fasilitas persampahan yang dimiliki oleh desa, yaitu dengan pembuatan Lubang Sampah Organik dan Bank Sampah. Antusiasme masyarakat cukup baik dalam kegiatan ini, terbukti saat sesi tanya jawab banyak masyarakat yang memulai diskusi mengenai permasalahan lingkungan di wilayah mereka. Dan setelah pemaparan ini, dilakukan kegiatan gotong royong pada hari Sabtu (5/8/2017) dari Tim KKN Desa Keblukan bersama dengan masyarakat untuk membuat Lubang Sampah Organik di wilayah Dusun Gembolan. Lubang Sampah Organik ini nantinya diharapkan dapat menjadi tempat penampungan khusus sampah organik. Sedangkan sampah anorganik yang dihasilkan masyarakat diharapkan bisa disalurkan melalui Bank Sampah Desa Keblukan.