Bangun Semangat Hidup Hemat, Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi Konsumen Cerdas Sejak Dini pada Siswa-Siswi SD Negeri 1 Simo
Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, pendidikan literasi keuangan di Indonesia masih minim dilakukan. Hal ini sesuai dengan informasi dari salah satu pengajar di SD Negeri 1 Simo yang mengatakan bahwa pengetahuan mengenai keuangan siswa-siswi kelas 1-3 di SD Negeri 1 Simo masih rendah. Padahal, usia dini merupakan masa pembentukan perilaku dan kebiasaan anak. Maka, literasi keuangan menjadi penting untuk ditanamkan sejak dini karena pengetahuan dan pengalaman keuangan yang ditanamkan akan terinternalisasi dalam diri anak sehingga membentuk karakter dan kebiasaan mengelola keuangan mereka di masa depan sebagai suatu budaya baik. Begitu pula dengan edukasi mengenai konsumen cerdas yang merupakan bagian dari materi literasi keuangan, juga perlu diberikan sejak dini untuk menanamkan keterampilan kepada anak mengenai bagaimana menjadi konsumen yang cerdas serta pandai dan berhati-hati dalam mengelola dan menggunakan uangnya untuk memilih produk yang dibutuhkan.
Melihat fenomena tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro dari program studi Ekonomi melaksanakan kegiatan “Edukasi Konsumen Cerdas Sejak Dini” bagi siswa-siswi kelas 3 di SD Negeri 1 Simo pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022. Kegiatan ini disambut baik oleh kepala sekolah dan guru serta antusiasme yang tinggi dari siswa-siswi SD Negeri 1 Simo. Dalam pelaksanaan program kerja ini, mahasiswa KKN memberikan materi mengenai apa itu konsumen cerdas, bagaimana cara menjadi konsumen cerdas, dan pentingnya menabung sebagai salah satu ciri dari konsumen cerdas. Antusiasme yang tinggi dari siswa-siswi ditunjukkan melalui keaktifan siswa-siswi dalan menjawab kuis yang diberikan dan berbagi pengalaman mereka dalam menabung kepada teman-teman. Pada akhir kegiatan, mahasiswa KKN memberikan hadiah celengan kepada para siswa dengan harapan agar mereka dapat menerapkan salah satu ilmu yang telah diperoleh dari Edukasi Konsumen Cerdas ini, yaitu pentingnya menabung sebagai salah satu ciri konsumen yang cerdas. Sebagai bentuk keberlanjutan program kerja, mahasiswa KKN juga memberikan PowerPoint yang dapat dimanfaatkan oleh pihak sekolah SD Negeri 1 Simo sebagai media pembelajaran di masa yang akan datang. Selain itu, mahasiswa juga membuat output berupa poster yang diberikan kepada pihak sekolah yang dapat dipajang di dinding sekolah agar siswa-siswi dari kelas lain yang tidak mengikuti sosialisasi atau siswa-siswi SD Negeri 1 Simo di masa yang akan datang juga dapat memperoleh ilmunya.
Penulis : Rhiska Anastasya, Program Studi S1 Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Dosen Pembimbing Lapangan : Naintina Lisnawati, S.KM., M.Gizi.
Lokasi KKN : Desa Simo, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah