Say NO to DRUGS! Mahasiswa KKN Undip Gelar Edukasi Bahaya Narkoba Gandeng Karang Taruna X Posyandu Remaja

Mahasiswa KKN Tim II 2022 Undip Kecamatan Cilandak Saat Melakukan Sosialisasi di Posyandu Remaja Kelurahan Cilandak Barat

Cilandak, Jakarta Selatan (5/8/2022) – Penggunaan Narkotika memiliki dampak buruk yang tidak perlu diragukan lagi, sehingga kasus penyalahgunaan narkoba pada remaja justru semakin meningkat tiap tahunnya. Hal ini sangat disayangkan karena narkoba tak hanya mengganggu prestasi akademik, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan. Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkapkan ada peningkatan prevalensi penyalahgunaan narkoba pada rentang usia 15 sampai 64 tahun, dari 1,80 persen di tahun 2019 menjadi 1,95 persen pada 2021. Remaja hingga mahasiswa masuk dalam kategori tersebut.

Penyalahgunaan narkoba sering ditemukan di kalangan remaja hingga masyarakat usia dewasa. Mereka menggunakan narkoba dengan berbagai macam alasan; mulai dari keingintahuan, terpaksa karena gengsi, hingga keputusasaan sehingga pada akhirnya menggunakan narkoba. Generasi Z atau remaja tentunya perlu untuk diedukasi tentang pencegahan Narkoba agar terhindar dari berbagai macam penyakit, meningkatkan produktivitas dan memiliki banyak energi. Atas hal demikian, maka dari itu Kelompok KKN Tim II 2022 Undip Kecamatan Cilandak melakukan Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada target tersebut melalui kegiatan Posyandu Remaja yang diselenggarakan Puskesmas Kelurahan Cilandak Barat Bersama Karang Taruna setempat pada hari Sabttu (23/7/2022). Program ini diselingi di antara acara posyandu remaja yang diselenggarakan oleh Puskesmas kelurahan Cilandak Barat dan Karang Taruna kelurahan Cilandak Barat pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 di RPTRA Intan Cilandak.

Mahasiswa KKN Tim II 2022 Undip Kecamatan Cilandak Saat Membagikan Leaflet kepada Para Remaja yang Hadir Saat Kegiatan “Posyandu Remaja” Berlangsung

Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kelompok KKN Tim II 2022 Undip Kecamatan Cilandak terlaksana dengan maksud mengedukasi dan meningkatkan awareness yang dibantu dengan pembagian leaflet sehingga materi yang sudah disosialisasikan apabila tertinggal dapat dipahami target audiens. Selain sosialisasi, tim KKN Tim II 2022 Undip Kecamatan Cilandak juga melakukan volunteering kepada kader-kader yang bertugas dengan mengajukan pertanyaan yang sekiranya dapat mengindikasikan permasalahan mental pada peserta Posyandu Remaja, yang mungkin akan berujung pada penyalahgunaan Narkoba.

Sebelum dilakukannya sosialisasi, kegiatan terlebih dahulu diawali dengan sambutan-sambutan dari perangkat Puskemas dan Kelurahan Cilandak Barat. Selanjutnya, pemaparan sosialiasi kepada remaja Kelurahan Cilandak Barat yang disampaikan oleh Kelompok KKN Tim II 2022 Undip Kecamatan Cilandak menjelaskan beberapa materi program narkoba yang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing dari mahasiswa KKN Undip Tim Kecamatan Cilandak. Beberapa poin penting tersebut antara lain sebagai berikut.

Pertama, Alfina Damayanti. Sebagai mahasiswa hukum, dirinya menjelaskan Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman hukum Kepada Remaja Terhadap Peraturan Perundang-undangan Narkotika. Kedua, Audrey Larasati Putrima. Selaku mahasiswa jurusan Psikologi, dirinya menerangi mengenai dampak psikologis, mental, dan kesehatan atas penggunaan narkoba oleh remaja. Ketiga, terdapat Christopher Ariel yang merupakan mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis menjelaskan perihal “what else to do besides drugs?”. Terakhir, ada Muhammad Dhafin mahasiswa jurusan Teknik Industri yang menedukasikan pencegahan dan preventif atas narkoba dari diri sendiri dan orang terdekat.

Foto Bersama Karang Taruna Kelurahan Cilandak Barat

Kegiatan program sosialisasi berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari para remaja kelurahan Cilandak Barat yang aktif bertanya setelah pemaparan selesai. Namun, di sisi lain terdapat evaluasi dari kegiatan sosialisasi ini, yaitu beberapa dari remaja yang hadir di Posyandu Remaja tidak begitu memperhatikan pemateri.

Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi dan edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada remaja Kelurahan Cilandak Barat, harapan dari masyarakat adalah remaja dapat melakukan pencegahan terhadap berkembangnya penyalahgunaan narkoba. Selain itu juga, program yang telah dilaksanakan dengan harapan juga akan mendatangkan banyak manfaat
dan membuka diskusi sehingga sadar akan hal seperti ini. Sebab ada pepatah yang menyatakan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Penulis: Mahasiswa KKN Tim II Undip 2022, Kecamatan Cilandak.
DPL: Nurhadi Bashit, ST., M.Eng.