Covid Belum Hilang, Mahasiswa KKN UNDIP Mensosialisasikan Penerapan Kembali Protokol Kesehatan 3M

Joglo, Jakarta (29/07) – Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, Kota Jakarta Barat menjadi salah satu lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa dari Universitas Diponegoro. Dimasa Transisi Covid-19, masyarakat terus beradaptasi dengan “new normal” dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil pengamatan pada beberapa tempat umum di sekitar lingkungan KKN, terlihat bahwa masih adanya masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut terjadi dikarenakan bahwa kebanyakan masyarakat sudah tidak terlalu khawatir tertular Covid-19, sehingga hal tersebut perlu diluruskan.

Berdasarkan data pemantauan Covid-19 di website corona.jakarta.go.id, tercatat 23.103 kasus baru di DKI Jakarta pada Rabu, 27 Juli 2022. Dimana DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kasus aktif Covid-19 tertinggi di Indonesia saat ini. Angka kasus Covid-19 terus mengalami kenaikan terutama dengan adanya subvarian Omicron baru, khususnya BA.4 dan BA.5, maka diperlukan upaya sosialisasi guna memutus rantai penyebaran dan mencegah peningkatan kasus Covid-19. Dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan KKN, Ibu Nenik Woyanti, S.E., M.Si., Mahasiswa KKN melakukan kegiatan sosialisasi untuk mengingatkan kembali mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M dari Covid-19. Penerapan protokol kesehatan 3M ini meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Pelaksanaan Sosialisasi Mengingatkan Kembali Protokol Kesehatan 3M bersama Puskesmas Joglo I

Kegiatan sosialisasi dan pembagian masker dilaksanakan kepada masyarakat Kelurahan Joglo dan sekitarnya yang mengikuti kegiatan vaksinasi yang diadakan oleh Puskesmas Joglo I. Dimana lokasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini bertempat di SDN 05 Joglo pada tanggal 20 Juli 2022 dan SMP YMIK Joglo pada 27 Juli 2022. Media sosialisasi yang digunakan berbentuk pamflet dengan tujuan untuk mempermudah pemahaman isi informasi yang disampaikan dan menarik perhatian sasaran dengan membaca materi yang terdapat dalam pamflet tersebut. Isi materi yang disampaikan yaitu mengajak dan mengingatkan kembali mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M.

Bentuk Media Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan 3M yang Berupa Pamflet

Hasil dari adanya sosialisasi ini, masyarakat Kelurahan Joglo menjadi lebih sadar dan waspada mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M. Diharapkan masyarakat tidak hanya mengetahui materi yang telah disampaikan, tetapi juga mengimplementasikan protokol kesehatan 3M dalam kehidupan sehari hari, sehingga dapat menekan angka kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Pelaksanaan Sosialisasi dan Pembagian Masker

Penulis:
Kania Salsabila Putri Rachmadi (FISIP),
Della Anisa Putri (FISIP),
Tsabitah (FK)

Dosen Pembimbing KKN: Nenik Woyanti, S.E., M.Si.
Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip