Mahasiwa KKN UNDIP Perkenalkan Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM Peyek dan Bawang Goreng Rumahan Sebagai Sarana Meningkatkan Penjualan

IMG-20220725-113447

Ngemplak Simongan, Semarang Barat (25/07/2022) – UMKM merupakan kegiatan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha kecil dengan tujuan memperoleh keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakatnya. Perkembangan zaman yang semakin maju juga turut berdampak pada pertumbuhan bisnis yang semakin pesat dan ketat. Persaingan yang semakin banyak antar unit bisnis yang beragam ataupun sejenis menuntut para wirausaha untuk mengembangkan inovasi, strategi dan kreativitas dalam berbisnis. Teknologi yang semakin canggih membantu memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka, tetapi tidak sedikit pelaku usaha yang hanya mengandalkan pemasaran konvensional. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa UNDIP berupaya memperkenalkan pemasaran yang lebih modern yaitu dengan pemasaran digital atau Digital Marketing kepada pelaku UMKM.

Kali ini, Mahasiswa KKN Undip menargetkan pengenalan Digital Marketing kepada salah satu pelaku UMKM di wilayah RW 3 Ngemplak Simongan. Berdasarakan arahan Ibu RW 3 Ngemplak Simongan, mahasiswa KKN diarahkan ke salah satu UMKM rumahan yang memproduksi peyek dan bawang goreng. Pemilik UMKM tersebut adalah Ibu Sriyono yang setiap harinya memproduksi peyek dan bawang goreng sendiri tanpa pegawai. Berdasarkan wawancara singkat pada hari minggu (24/07/2022) oleh mahasiswa KKN, Ibu Srioyono merupakan salah satu pedagang di pasar. Beliau memasarkan produknya di pasar tempat ia berjualan, di etalase kaca yang ada di rumahnya, atau pada saat ada pesanan dari tetangga sekitarnya. Ibu Sriyono memang kurang mengetahui pemasaran melalui media online ataupun media sosial, sehingga ruang lingkup penjualan produknya masih sempit. Namun, sesekali Ibu Sriyono juga mempromosikan produknya melalui status Whatsapp pribadinya.

UMKM

Pada kesempatan tersebut, Mahasiswa KKN Undip mensosialisasikan mengenai apa itu marketing, Strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion) dalam bisnis, memperkenalkan Digital Marketing, Platform Digital Marketing yang dapat digunakan untuk berbisnis seperti Instagram, Whatsapp, dan lainnya. Sosialisasi tersebut ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran berbisnis yang melek teknologi bagi UMKM rumahan. Selain melakukan sosialisasi, mahasiswa juga memberikan modul yang berisi materi pengenalan Digital Marketing kepada Ibu Sriyono dan berkesempatan mencicipi produk yang dibuat oleh Ibu Sriyono. Langkah awal yang baik bagi Ibu Sriyono untuk memasarkan produknya secara online karena beliau sesekali melakukan promosi melalui status Whatsapp pribadinya. Diharapkan melalui sosialisasi tersebut, Ibu Sriyono sebagai pelaku UMKM dapat lebih memanfaatkan tekonologi yang ada untuk mengembangkan usahanya. Beliau juga menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN dan menerima materi yang disampaikan.

IMG-20220725-111021