Tips Meningkatkan Penjualan, Mahasiswa Tim KKN II UNDIP 2021/2022 Mengenalkan Metode SEO Copywriting pada Shopee
(Purworejo (28/07/2022) – Di era yang serba digital ini turut memberikan kemudahan akses dalam memasarkan produk bagi para pelaku usaha. Sebagai pelaku UMKM yang sedang merintis maupun mengembangkan usaha, penting untuk mempelajari dan memahami pemanfaatan platform e-commerce sebagai salah satu media pemasaran produk.
Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan kita. Salah satunya dengan meningkatkan visibilitas toko dan produk kita melalui tulisan. Melihat hal tersebut, Syafira Afidati Hidayanti, mahasiswa KKN Tim II Undip, mengenalkan pemanfaatan SEO Copywriting pada Shopee melalui penyuluhan kepada para pelaku UMKM di Desa Krandegan. SEO Copywriting merupakan proses sistematis yang bertujuan meningkatkan kunjungan melalui algoritma mesin pencari. Dengan pemanfaatan SEO ini pada penjualan bertujuan untuk menempatkan produk pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian. Di mana secara logis, produk yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian di Shopee nantinya akan memiliki peluang lebih besar untuk terjual.
Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Juli 2022 di Balai Desa Krandegan. Dengan dihadiri 13 pelaku UMKM di Desa Krandegan. Penyuluhan ini bertujuan mengenalkan bagaimana penggunaan SEO Copywriting kepada para pelaku UMKM untuk membantu mereka dalam memaksimalkan pemasaran produknya melalui e-commerce Shopee.
Cara yang dapat dilakukan pelaku UMKM selaku pemilik toko di Shopee meliputi: mencari kata kunci yang cocok, memperbarui deskripsi produk, dan memperbarui deskripsi toko. Dalam penulisan kata kunci, kita perlu mencari kata kunci yang tepat dan relevan dengan produk yang kita jual. Untuk membantu kita dalam menemukan kata kunci, kita dapat memanfaatkan fitur-fitur/web pencari kata kunci baik yang berbayar maupun gratis. Dalam memperbarui deskripsi produk, kita dapat memasukkan spesifikasi produk secara detail, menuliskan fungsi dan kegunaan produk, serta memasukkan garansi jika ada. Sedangkan dalam membuat deskripsi toko, kita perlu mencantumkan nama toko dan menggunakan istilah seperti ‘official shop’, menyebutkan lokasi toko dan tujuan pengiriman, memasukkan jam operasional toko, serta memasukkan kata kunci yang relevan dengan produk yang dijual.
Kegiatan penyuluhan ini berjalan dengan lancar dan mendapat antusias yang cukup baik dari para peserta. Beberapa peserta juga turut memberikan pertanyaan terkait materi ini pada sesi tanya jawab setelah mendengarkan pemaparan materi. Diharapkan pemaparan materi ini sedikit banyak dapat berguna dan diterapkan oleh para pelaku UMKM di Krandegan untuk membantu toko maupun penjualan mereka. Syafira pun turut membagikan leaflet kepada para peserta agar dapat meningkatkan pemahamannya terkait materi yang telah diberikan.
Penulis: Syafira Afidati Hidayanti (Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik – Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing: Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom, M.I.Kom
#kknundip2022 #KKNUndipTimIIPeriode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip