Minimnya Informasi Terkait Administrasi Birokrasi Hukum, Mahasiswa Undip Lakukan Pendampingan Hukum Terhadap Organisasi Non Profit Untuk Mendapatkan Legalitas dari Pemerintah Setempat

7607cf14-86c0-4681-8287-efebd02877d1

KOTA BEKASI – Ilham Al Giffari, Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro, Fakultas Hukum menyelenggarakan Program Monodisiplin berupa Pendampingan hukum untuk mendapatkan legalitas dari pemerintah setempat mengenai organisasi non-profit (NGO) “Forum Anak Kecamatan Bekasi Utara” untuk mewujudkan Visi kota Bekasi “Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan”.

7a6e9390-430e-4051-8f7b-e1c9306a3293

Pasca Reformasi, Organisasi kemasyarakatan tumbuh dan berkembang, “bak jamur dimusim hujan” yang diatur dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Undang-undang Dasar 1945 amandemen keempat. Pasal mengenai Hak Asasi Manusia menjiwai ketetapan-ketetapan Pasal 28 C tentang hak memajukan diri dan memperjuangkan haknya secara kolektif untuk masyarakat, bangsa dan negaranya. Pasal 28 E (2) tentang kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan bersikap sesuai hati nurani, (2) hak berserikat, berkumpul dan berpendapat. Pasal 28 F tentang hak berkomunikasi untuk mengembangkan pribadi & lingkungan. Sebelum UUD 1945 diamandemen, aturan tentang organisasi yang didirikan masyarakat atau yang dewasa ini dikenal dengan NGO (Non Goverment Organization), yaitu Undang-undang RI Nomor 8 tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Definisi organisasi kemasyarakatan ditetapkan dalam Pasal 1 dasar Undang-undang RI Nomor 8 tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Untuk itu perlu adanya dasar hukum bagi setiap organisasi untuk menjaga hak nya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan Organisasi Forum Anak Kecamatan Bekasi Utara, dapat menjalankan kegiatan dengan legal dan bertanggungjawab serta administrasi di dalamnya semakin lengkap. Terakhir, dapat menyampaikan pesan positif di lingkungan sekitar.

Penulis : Ilham Al Giffari, Mahasiswa Fakultas Hukum Undip
Lokasi KKN : Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.
Dosen Pembimbing KKN : Dr. Aminah SH, M.Si.
KKN TIM II UNDIP 2022