Pameran Kebersamaan Patebon

Lanji – Sabtu (12/8) Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke-72, kelompok mahasiswa KKN TIM II UNDIP menggelar acara Expo Kecamatan yang mencakup keterlibatan berbagai desa se-Kecamatan Patebon. Kegiatan Expo dengan tema 17an ini, bertujuan untuk memamerkan usaha potensial yang ada di desa-desa tersebut. Kecamatan Patebon sendiri terdiri dari  18 desa. Desa Lanji, salah satu desa tempat bermukim mahasiswa KKN UNDIP, menyajikan hasil karya dari pemilik UMKM batik yang meruapakan salah satu UMKM unggulan desanya. Disamping batik, Bu Widji, selaku pemilik UMKM ini juga membuat produk makanan seperti keripik tumpi, keripik kresen dan pisang manis.

Expo ini diadakan Sabtu, (12/08) dari jam sembilan pagi sampai jam satu siang, masing-masing desa mulai berlomba mendekorasi standnya dari jam tujuh hingga jam setengah sepuluh pagi. Dekorannya beragam, mulai dari balon warna merah putih, kertas berbentuk bendera merah putih, dan hiasan lainnya yang rata rata berwarna merah putih. Stand yang ada terdiri dari stand makanan seperti tumpi, keripik kresen, keripik tempe, rengginang, nugget tempe, dan nugget pisang serta stand kerajinan dari kayu dan stand batik.

Selama rangkaian kegiatan berlangsung, beberapa Dosen UNDIP datang untuk memberikan penilaian kepada masing-masing stand. Setelah mengikuti acara pembukaan, para dosen mengunjungi stand mahasiswa. Pada stand batik milik Desa Lanji, dosen diperbolehkan untuk mencoba kegiatan mencanting, salah satu proses dalam pembuatan batik. Sebelum penutupan, sekitar jam setengah satu ada beberapa lomba yang diikuti mahasiswa serta pengumuman stand terbaik yang diperoleh oleh UMKM Batik dari Desa Lanji . Acara berakhir pada jam satu siang, dilakukan oleh panitia penyelenggara dan seluruh Mahasiswa KKN se-Kecamatan Patebon.

IMG_0897

IMG_0946

IMG_1034