Peningkatan Gizi, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan

Cijujung (05/08). Mahasiswa KKN Tim II UNDIP memberikan penyuluhan kepada masyarakat rt 03 desa cijujung mengenai pentingnya mengonsumsi ikan sebagai makanan bergizi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan program yang digagas oleh kementrian KKP guna bersama-sama membangun kesadaran gizi individu maupun masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan. Ikan mengandung banyak sekali gizi yang baik untuk kesehatan tubuh terutama pada anakā€”anak. Ikan dapat dikatakan sebagai sumber protein. Ikan memiliki kandungan protein tinggi, asam lemak omega 3 dan 6 yang dibutuhkan untuk sumber pertumbuhan dan bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Hal yang paling penting lainnya adalah harga ikan yang jauh lebih murah dan mudah ditemui oleh masyarakat dibandingkan sumber protein lainnya.

Penyuluhan-Gemar-Makan-Ikan

Penyuluhan Gemar Makan Ikan

Banyak masyarakat terutama anak-anak masih enggan mengonsumsi ikan, dikarenakan olahan ikan yang monoton dan kurang menarik. Mahasiswa KKN UNDIP membuat olahan ikan yang digemari anak-anak dan mudah dibuat, yaitu nugget lele. Dengan adanya inspirasi olahan dari ikan lele ini, diharapkan masyarakat terutama anak-anak menjadi senang mengonsumsi ikan.

Makanan-Olahan-Nugget-Lele

Makanan Olahan dari Ikan Lele – Nugget Lele

Manfaat dari makan ikan secara teratur untuk kesehatan yaitu dapat mencegah berbagai penyakit, contohnya seperti : serangan jantung, alzheimer, kanker dan kulit. Selain itu, ikan juga mampu mencerdaskan anak, sebagaimana yang dikemukakan oleh Professor Kjell Toren bahwa anak remaja berusia 15 tahun yang mengonsumsi ikan cenderung lebih cerdas dibandingkan anak remaja 18 tahun yang jarang mengonsumsi ikan.

Penulis : Nurul Latifah
Dosen Pembimbing : Ir. Rudy Hartanto, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM.
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip