Era Digital Masih Belum Paham Apa Itu Digital Marketing?? Mahasiswa KKN UNDIP TIM II 2021/2022 Membuat Penyuluhan Mengenai Pentingnya Digital Marketing dan Manfaatnya bagi UMKM Pada Masa Pandemi Pasca Covid-19

https://i.ibb.co/tK6R338/ppt-dm.png

Bogor (22/7) – Kemajuan teknologi tidak dapat dihindari dalam kehidupan sekarang ini, karena kemajuan teknologi berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Semua inovasi menawarkan manfaat positif, memberikan banyak kemudahan, dan menjadikan sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas kehidupan manusia. Khususnya di bidang teknologi, orang telah mendapat manfaat besar dari inovasi yang dihasilkan selama dekade terakhir. Pada saat ini, masih beberapa masyarakat yang masih kurang mengetahui apa itu Digital Marketing dan cara penggunaannya. Di masa pandemic COVID-19 ini semua kalangan masyarakat mengandalkan Internet dan komunikasi jarak jauh yang mengharuskan mereka tetap tinggal di dalam rumah.

Pada penyuluhan kali ini yang membahas mengenai pentingnya digital marketing dan manfaatnya bagi UMKM, selain bisa meningkatkan penjualan produk, kekuatan digital marketing ini dapat membantu penjual bisa mencapai target pembeli dengan cepat dan tepat. Beberapa hal yang membuat digital marketing sangat membantu UMKM ialah salah satunya, memiliki sarana yang sangat baik untuk berkomunikasi dengan konsumen. Memiliki platform media yang dapat terhubung langsung dengan customer akan mempermudah dalam meraih kesuksesan akan penjualan. Twitter, Instagram, Tik Tok, maupun Facebook memiliki peran yang sangat bermanfaat untuk memasarkan produk ketimbang melakukan dengan menggunakan brosur atau hanya melalui mulut ke mulut saja. Tampilan produk yang menarik lalu di unggah ke sosial media dapat menarik banyak konsumen untuk membeli barang produksi.

https://i.ibb.co/4WQd2Xm/Tanya-Jawab.png

Pada sesi tanya jawab, beberapa menanyakan bagaimana agar cara produk yang mereka punya dapat menarik pembeli walaupun beberapa UMKM memliki produk yang serupa? Jawabannya ialah, buatlah promosi semenarik mungkin, seperti mengikuti trend-trend yang sedang naik daun di Tik Tok atau membuat design promosi sosial media dengan slogan yang catchy (menarik) seperti Indomie dimana slogannya ialah, “Indomie seleraku.” Untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu ada juga yang bertanya, apakah memiliki sosial media untuk melebarkan usaha penjualan produk benar-benar berpengaruh terhadap penghasilan? Jawabannya tentu, jika, target penjualan yang ingin mereka raih sesuai dengan target pasar saat ini. Adanya pemasaran digital memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi secara menarik dan memudahkan para konsumen untuk melakukan komunikasi dengan mudah, tidak hanya itu, hal ini dapat memperluas target pasar mereka sehingga banyak masyarakat yang tahu akan produk tersebut dan dapat meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM itu sendiri.

Penulis: Desvilia Dea Permatasari
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Ir. Rudy Hartanti S.Pt., Ph.D., IPM.
Lokasi : Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor

#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lpmmundip
#undip