Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajarkan Cara Mencuci Tangan yang Benar dan Pembuatan Sabun Kertas di SD Negeri Gedawang 01

Gedawang, Banyumanik, Semarang (19/07/2022) – Kebersihan merupakan upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungannya dari segala yang kotor dalam rangka menjaga dan mewujudkan kehidupan yang sehat dan nyaman. Pada masa pasca pandemi Covid-19 ini, kita tidak boleh lalai dalam menjaga kebersihan diri. Apalagi dengan munculnya varian baru dari covid-19 yaitu omicron sehingga kebiasaan hidup sehat lah yang akan menjaga kita dari segala macam penyakit baik virus covid atau yang lainnya. Kebersihan tangan adalah hal yang sangat perlu diperhatikan karena tangan merupakan media penyebaran berbagai jenis mikroorganisme penyebab penyakit, maka perlu untuk dijaga agar terhindar dari penularan penyakit.

Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP Tahun 2022, Nabila Rona Nur Kamila mahasiswa Kimia Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi mengenai Langkah-langkah mencuci tangan yang benardengan sabun kepada siswa-siswi di SD N Gedawang 01 Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar dengan sabun dan menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan yang diajarkan sedari kecil.

BIASAKAN-CUCI-TANGAN-DENGAN-SABUN-DAN-AIR-MENGALIR

Tidak hanya melakukan sosialisasi mengenai cara mencuci tangan yang benar dengan sabun, pada kegiatan ini juga diajarkan bagaimana cara membuat sabun kertas yang mudah untuk dibawa serta dibagikan juga sabun kertas yang telah dibuat oleh mahasiswa agar siswa-siswi semakin termotivasi untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Setelah sosialisasi dilakukan praktek langsung cara mencuci tangan yang benar menggunakan sabun. Siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini sehingga diharapkan ilmu yang telah disampaikan dapat diterapkan dalam kehidupan seharu-hari kedepannya.

https://ibb.co/ykcRwTR
Sosialisasi Cara Mencuci Tangan yang Benar dengan Menggunakan Sabun

LINE-ALBUM-DAY-15-220805

Praktek Mencuci Tangan dengan Siswa-Siswa

Penulis: Nabila Rona Nur Kamila (Fakultas Sains dan Matematikaa – Kimia)
Dosen Pembimbing Lapangan: Rachma Purwanti, S.KM., M.Gz.