Persiapan Industri 4.0, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Beri Pelatihan Digitalisasi UMKM Kepada Warga

Kutabumi, Banten (09/08) – Perkembangan teknologi yang terjadi secara terus menerus telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu sektor yang paling terpengaruh adalah sektor ekonomi. Kegiatan ekonomi saat ini banyak terpusat di sektor digital atau lebih dikenal dengan e-commerce. E-commerce adalah kegiatan jual beli, mulai dari pemasaran hingga penjualan melalui platform elektronik. Marketplace menjadi salah satu model dari e-commerce, dimana marketplace merupakan tempat para pelaku usaha untuk menjual produknya dalam satu aplikasi atau website yang dikelola oleh penyedia marketplace. Melalui website ini, penjual bisa menjangkau pembeli yang lebih banyak dan lebih luas. Selain itu, pembeli juga bisa mencari barang yang mereka inginkan dengan lebih mudah.

Peserta Program Pelatihan Digitalisasi UMKM

Perum Taman Buah I RW 14 memiliki banyak pelaku usaha yang bergerak di berbagai bidang bisnis, mulai dari makanan, pakaian, hingga sayur dan buah. Namun, banyak dari pelaku usaha ini belum mencoba untuk memasarkan produknya secara daring. Mereka mengaku belum bisa melakukan penjualan secara daring karena tidak memiliki banyak pengetahuan mengenai pengoperasian teknologi. Keterbatasan ini yang menyebabkan bisnis mereka tidak bisa berkembang. Hal ini yang mendasari dilaksanakannya program pelatihan digitalisasi UMKM bagi warga Perum Taman Buah I RW 14.

Penyampaian Materi dan Demonstrasi

Program ini terdiri dari kegiatan penyuluhan pentingnya melakukan digitalisasi UMKM serta demonstrasi pembuatan Facebook Fanpage, Shopee, dan Google Business Maps. Program ini diikuti oleh pelaku usaha di RW 14 sebanyak 50 orang. Para warga sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Meskipun hujan turun sebelum kegiatan berlangsung, namun tidak mengurangi antusias warga untuk datang. Kegiatan berlangsung selama 2,5 jam dan berjalan dengan lancar. Di akhir acara, diisi dengan kegiatan pembagian doorprize dan foto bersama. Melalui program ini diharapkan pelaku usaha, khususnya pembudidaya ikan, dapat lebih memperluas pasar dan meningkatkan pendapatannya.

Penulis: Nadia Syafira Meidyawati / Angkatan 2019 / Akuakultur
DPL : Karnoto, S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang