@Mahasiswi KKN UNDIP Tangan Pertama dalam Memperkenalkan Bahasa Internasional Kepada Anak-Anak Kelurahan Pakintelan

Bahasa internasional adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Salah satu bahasa internasional adalah bahasa Inggris. Di era globalisasi, kemampuan berbahasa Inggris bukan hanya ide yang bagus, tetapi juga suatu keharusan. Sementara itu, lebih baik belajar bahasa sejak usia dini. Generasi muda saat ini harus mempelajarinya sesegera mungkin untuk mendapatkan hasil yang baik. Setelah melakukan survei kepada anak-anak Kelurahan Pakintelan di minggu ke-1 dan ke-2, disadarkan bahwa mereka masih kekurangan edukasi dalam berbahasa Inggris dan disekolahnya tidak ada mata pelajaran bahasa Inggris dalam KBM.

Whats-App-Image-2022-07-08-at-8-12-29-PM-1

Semarang (Juli, 2022), mahasiswi KKN UNDIP berusaha memperkenalkan bahasa internasional kepada anak-anak TK Pertiwi 32 Pakintelan. Dengan realitas yang ada, mahasiswa KKN UNDIP bekerjasama dengan TK Pertiwi 32 Pakintelan untuk memperkenalkan beberapa kosakata umum bahasa Inggris. Kerjasama ini disambut dan diterima dengan baik oleh para guru TK Pertiwi 32 Pakintelan. Program kerja memperkenalkan kosakata umum bahasa Inggris ini dilaksanakan secara rutin 2x dalam seminggu. Di hari pertama dalam kegiatan belajar menggunakan bahasa Inggris, terlihat bahwa anak-anak terasa asing terhadap kosakata seperti, good morning, good bye dan kosakata umum lainnya. Seiring berjalannya KBM, mereka mulai terbiasa dengan kosakata tersebut.

Whats-App-Image-2022-08-02-at-11-32-05-AM

Diharapkan dengan diadakannya program kerja ini, di setiap sekolah Kelurahan Pakintelan dan sekolah lainnya mampu memberikan materi bahasa Inggris kepada para siswa/i-nya dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar bahasa Inggris. Mahasiswa KKN UNDIP telah membuka beberapa pintu peluang masa depan bagi mereka. Dengan demikian, memperkenalkan bahasa Internasional kepada anak-anak sejak dini merupakan perkembangan diri yang harus didapatkan dari sekarang.

Whats-App-Image-2022-08-02-at-11-24-04-AM

Penulis: Nafisa Zalfa Adirahmani, Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya
Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Hermin Werdiningsih, M.T.
Lokasi: Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.
KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022