Cegah Stunting Pada Anak Sejak Dini! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Melakukan Sosialisasi Kepada Warga Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan

Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggarahan, Kota Jakarta Selatan, 28 Juli 2022, mahasiswa KKN Tim II 2021/2022 Universitas Diponegoro mengadakan program kerja multidisiplin yaitu “Sosialisasi Pencegahan Stunting Pada Anak dan Dapur Sehat (DasHat)”.

Penyampaian Materi

Stunting merupakan suatu kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi sehingga pertumbuhan kembang anak tidak sesuai dengan usianya. Dalam pencegahannya, orang tua harus tanggap dan memperhatikan serta memenuhi gizi anak. Berdasarkan data Kelurahan Bintaro, terdapat sebanyak 8 kasus stunting pada anak-anak di RW 06, Kelurahan Bintaro. Maka dari itu, diperlukan edukasi mengenai pencegahan dan penanganan stunting bagi para orang tua.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan di RPTRA Asthabrata, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan. Acara ini dihadiri oleh warga RW 011, kader-kader Posyandu, Ketua RT 11, dan Lurah Bintaro yaitu Bapak Muhamad Nur. Pada pelaksanaanya, mahasiswa memberikan beberapa materi mengenai stunting yang meliputi definisi stunting, penyebab stunting, ciri-ciri stunting pada anak, cara mencegah stunting, dan komponen ISI PIRINGKU untuk gizi anak. Materi mengenai cara pencegahan stunting diisi oleh mahasiswa bernama Lidya Raizel Alinka (21070119140166) dan materi mengenai komponen ISI PIRINGKU untuk gizi anak diisi oleh mahasiswa bernama Andi Denise Zabrina (21070119120026). Selain itu, para mahasiswa juga melakukan demo memasak makanan bergizi untuk para orang tua sebagai upaya pemenuhan gizi anak. Acara sosialisasi stunting ini diakhiri dengan pembagian bingkisan berisi bahan makanan bergizi dan foto bersama.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi pencegahan stunting oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2021/2022 ini, diharapkan warga dapat mengimplementasi informasi dan muatan – muatan tersebut ke dalam kegiatan sehari – hari sehingga dapat mencegah terjadinya stunting pada anak.

By : Andi Denise Zabrina (21070119120026) & Lidya Raizel Alinka (21070119140166)
DPL: Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc