@Membantu UMKM Bangkit Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Penambahan Nilai Produk Kepada Pelaku UMKM di Pakintelan
Semarang, 8 Agustus 2022
Pasca pandemi covid banyak UMKM di Jawa Tengah khususnya kota semarang yang berusaha bangkit setelah menelan pil pahit selama kebijakan PSBB dan PPKM di Indonesia. Pelaku UMKM yang kebanyakan bergerak dibidang penjualan produk rumahan tersebut harus meningkatkan daya saing untuk dapat bertahan pada situasi pasca pandemi covid 19 ini. Dalam mengakomodir hal tersebut Mahasiswa KKN UNDIP yang diterjunkan di kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunung Pati, kota Semarang mengadakan pelatihan serta edukasi yang komperhensif untuk menciptakan UMKM yang berkelanjutan di Era Industri 4.0.
Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama Tim KKN UNDIP dengan LPMK kelurahan Pakintelan. Kegiatan ini berfokus untuk mempersiapkan UMKM di kelurahan Pakintelan untuk dapat bersaing di era industri yang baru. Setelah melihat kondisi UMKM yang ada pada saat itu, dipersiapkan materi – materi yang relevan untuk meningkatkan penjualan, salah satunya merupakan pentingnya Branding dalam penambahan nilai jual produk.
Pemaparan materi diusahakan semudah mungkin untuk dapat diaplikasikan pada produk – produk yang akan dijual oleh pelaku UMKM di Pakintelan. Materi Branding yang dijelaskan meliputi typography, psikologi warna, serta kesesuaian elemen dengan produk serta target pasar. Materi – materi tersebut dijelaskan kepada 25 orang pelaku UMKM dengan harapan dapat menjadi nilai tambah bagi produk yang mereka jual.
Nama : Hogiliano
NIM : 14040119140050
Prodi : S1 Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
DPL : Ir. Hermin Werdiningsih, M.T