Mahasiswa KKN UNDIP Gandeng Remaja Untuk Berantas Penyalahgunaan Narkoba

Bintaro, Jakarta (13/07/2022) – Remaja dapat dikatakan sebagai fase transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa bagi seseorang. Dalam segi fisik, mereka sudah semakin kuat dan menarik. Sementara dalam segi emosi, mereka tengah menggelora sehingga memiliki semangat yang membara.

Pada tahun 2021, angka pengguna narkoba di Indonesia meningkat hingga 1,95% dibandingkan dengan tahun 2019 yaitu sebesar 1,80%. Pada usia remaja, terjadi pula peningkatan angka pemakaian narkoba yang signifikan, terpatnya pada usia 14-24 tahun.

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, serta bahan adiktif lainnya, meliputi zat alami atau sintetis yang jika dikonsumsi akan menimbulkan perubahan fungsi fisik dan psikis, serta menimbulkan ketergantungan.

Penyalahgunaan narkoba dapat berakibat fatal karena akan menghilangkan kontrol atas kesadaran diri pengguna. Hal ini dapat memicu timbulnya tindakan berbahaya dan tindak kriminal.

Usia remaja rentan terpapar penyalahgunaan narkoba karena remaja memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga muncul rasa ingin coba-coba penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, diperlukan pembelajaran atau sosialisasi terkait narkoba sejak usia remaja.

Berdasarkan kondisi tersebut, mahasiswa KKN Tim II Tahun 2022 UNDIP Kelurahan Bintaro berkolaborasi Kepolisian Sektor Pesanggrahan dan BNN Jakarta Selatan untuk melakukan Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMA Triguna Jakarta.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 13 Juli 2021di SMA Triguna Jakarta dan dihadiri oleh seluruh siswa kelas 10.

Sosialisasi dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama bersama Kepolisian Sektor Pesanggrahan membahas mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dari segi hukum meliputi, Undang-Undang yang berlaku, sanksi penyalahgunaan narkoba, serta sanksi bagi pengedar dan pemakai.

Sesi kedua dilaksanakan bersama pihak BNN Jakarta Selatan yang membahas mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dari segi Kesehatan. Bahasan ini meliputi, efek samping dari narkoba bagi tubuh dan otak, ciri-ciri pengguna narkoba, serta penjelasan mengenai rehabilitasi narkoba.

Penulis : Maria Immaculata Ragil S., Shania Shavira Angelina, Anhar Razantya
DPL : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.