Kecil Belum Tentu Stunting, Pahami Ciri-Ciri dan Cara Pencegahannya Sedini Mungkin!

Jakarta (28/07/2022), Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan (tubuh dan otak) pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Menurut laporan yang dimiliki kelurahan, posyandu, dan pengurus RPTRA, secara total terdapat 7 anak yang telah tergolong stunting di Kelurahan Bintaro, sehingga dalam hal melakukan pencegahan terhadap bahaya dari stunting, mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2021/2022 melakukan sosialisasi yang berjudul “Cegah Stunting Pada Anak Sejak Dini” di RPTRA Asthabrata, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

CEGAH-STUNTING-POSTER/KKN-BINTARO-KELOMPOK-6-1.jpg
Poster Cegah Stunting

Sosialisasi
Foto Kegiatan

Edukasi akan pencegahan stunting ini berisi mengenai definisi dari stunting, ciri-ciri, penyebab, dampak, cara mencegah, dan contoh makanan sehat pencegah stunting. Rangkaian acara terdiri dari sosialisasi, demo memasak, dan pembagian bingkisan sehat untuk para peserta.

LINE-ALBUM-kkn-bintarow-220806
Kegiatan Demo Memasak

Secara total, acara dihadiri oleh 11 orang ibu-ibu beserta anaknya, 2 pengurus posyandu, 2 pengurus RPTRA, ketua RT 06, dan Kepala Kelurahan Bintaro. Acara ini dibawakan oleh 5 mahasiswa/i yang terdiri dari kelompok 6 dan 7 KKN Undip Kelurahan Bintaro.

foto-bersama
Peserta Sosialisasi dan Demo Memasak

Kegiatan diawali dengan pendaftaran dan pemberian snack sehat pada awal acara, kemudian acara dibuka dengan sosialisai kemudian penjelasan mengenai kandungan gizi masakan yang akan di demokan. Kemudian setelah sosialisasi, selanjutnya dilaksanakan demo memasak. Makanan yang dimasak adalah sayur bayam bening, ikan goreng, dan tempe kecap. Setelah seluruh rangkaian acara, dilakukan sesi foto bersama dan pembagian bingkisan sehat untuk mencegah stunting. Pada akhir acara, dilakukan juga penempelan poster yang berisi edukasi pencegahan stunting.

pembagian-bingkisan
Pembagian Bingkisan Sehat

penempelan-poster
Penempelan Poster Cegah Stunting

Penulis: Maria Immaculata Ragil Septianingtyas – 21070119130081 – Fakultas Teknik
Shania Shavira Angelina – 21070119130082 – Fakultas Teknik
Anhar Razantya – 21070119130164 – Fakultas Teknik
Lokasi: Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Dosen Pembimbing: Prof . Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.