CEGAH STUNTING, MAHASISWA KKN UNDIP MEMBERIKAN EDUKASI TERKAIT GIZI SEIMBANG UNTUK PARA IBU

Semarang (02/08/2022)- Dalam fase pertumbuhan, masa anak-anak adalah masa yang sangat esensial sehingga mereka harus didukung dengan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Kedua hal tersebut dapat mencegah pertumbuhan tidak sempurna seperti stunting dan gizi buruk. Umum diketahui bahwa gizi buruk dapat meningkatkan angka kesakitan dan kematian serta dapat meningkatkan risiko terjadinya stunting.

Menyikapi hal ini, mahasiswa KKN UNDIP Tim II dari Jurusan Sastra Inggris telah melaksanakan program edukasi terkait gizi seimbang kepada ibu-ibu agar mereka lebih paham dan sadar akan pentingnya pemberian gizi seimbang dan nutrisi yang cukup pada anak-anak. Dalam hal ini, Atina Qonita (mahasiswa KKN) juga memberikan booklet mengenai gizi seimbang dalam bilingual atau dua bahasa agar ibu-ibu juga dapat memahami materi terkait gizi seimbang dalam bahasa Inggris.

Diharapkan dengan adanya edukasi ini, ibu-ibu dapat lebih memahami apa itu gizi seimbang, 4 pilar gizi seimbang, 10 pesan gizi seimbang, isi piringku, manfaat mengkonsumsi makanan sesuai gizi seimbang, serta dapat menerapkannya dalam fase pertumbuhan anak-anak agar dapat mencegah stunting dan menghindari penyakit lainnya.

Penulis: Atina Qonita (Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya)
DPL: Dr. Yoyok Budi Pramono S.Pt., M.Si. (Fakultas Peternakan dan Pertanian)
Lokasi: Kelurahan Tlogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang