BUDAYA PILAH SAMPAH DARI SUMBERNYA! Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Edukasikan Pentingnya Pemilahan Sampah di Kelurahan Kalisegoro

Whats-App-Image-2022-08-07-at-17-18-09

Semarang (07/08) – Sampah adalah masalah global yang hingga kini masih dicari jalan keluarnya. Produksi sampah masyarakat kian hari kian bertambah, menyebabkan timbulan sampah yang kian menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Mengutip dari zerowaste.id, keterbatasan dan makin bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan hanya sekitar 60% sampah-sampah di kota besar di Indonesia yang dapat terangkut ke TPA. Sisanya, diolah sendiri oleh masyarakat dengan cara dibakar dan dibuang ke sungai-sungai. Pemilahan sampah adalah kegiatan mengelompokkan dan memisahkan sampah sesuai dengan jenis, jumlah dan/atau sifat sampah. Pemilahan sampah merupakan kegiatan yang penting dalam penanganan dan pewadahan sampah di sumbernya, karena memudahkan dalam proses manajemen persampahan. Pemilahan sampah yang baik akan mempengaruhi kinerja daur ulang dan merupakan langkah utama dari konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle).
Di Kelurahan Kalisegoro sendiri masih terdapat banyak sampah yang berserakan dan tercampur di tempat sampah. Masyarakat masih kurang begitu memhami terkait pentingnya pemilahan sampah. Sehingga dalam kegiatan KKN UNDIP dapat mengatasi masalah yang ada. Urgensi yang diangkat pada kegiatan ini adalah masyarakat Kelurahan Kalisegoro kurang begitu paham informasi tentang pemilahan dan juga pengolahan sampah, beberapa masyarakat masih banyak yang mengolah sampah dengan cara dibakar dan langsung dibuang ke TPST tanpa dilakukan pemilahan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, perlu dilakukan edukasi mengenai pentingnya pemilahan sampah dari sumbernya.

20220807-162838

Sosialisasi ini dilaksanakan pada Minggu, 07 Agustus 2022 saat pertemuan ibu-ibu PKK RT 04/RW 03 Kelurahan Kalisegoro. Sosialisasi dan Edukasi pemilahan sampah dilakukan dengan tujuan memberikan pandangan baru kepada masyarakat mengenai sampah itu sendiri. Pengolahan sampah yang baik serta upaya membentuk kebiasaan masyarakat memperhatikan lingkungan sekitarnya. Pelaksanaan program dilakukan dengan cara mempresentasikan pentingnya pemilahan sampah langsung dari sumbernya yang dibagi menjadi 6 jenis sampah. Selain itu, pamflet mengenai cara memilah sampah berdasarkan jenisnya juga dibagikan.

20220807-162909
POSTER-MONO-I-DIHAN-AZRA

Dengan pelaksanaan program edukasi mengenai pemilahan sampah ini, semoga warga Kelurahan Kalisegoro khususnya RT 04/RW 03 dapat menerapkannya dan memulai perubahan kecil dalam pencegahan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh timbulan sampah.

Penulis : Dihan Azra Hanindya (Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Lingkungan)
DPL : Dr. rer.nat Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng.