Penerapan Strategi Marketing Mix 4P Pada UMKM Emping Berkah Kelurahan Plombokan

Plombokan, Semarang Utara – (27/07/2022) Salah satu hal yang penting dalam menjalankan suatu usaha adalah bagaimana pelaku usaha memasarkan produknya. Pemasaran produk ini perlu diperhatikan karena hal ini berkaitan dengan bagaiman pelaku usaha mengenalkan produknya ke masyarakat serta memperluas area pemasaran, Untuk mengembangkan area pemasaran ini, pelaku usaha perlu memahami 4P, yaitu Product, Proce, Place, dan Promotion. Keempat komponen tersebut saling berkaitan. Nama baik produk, harga terjangkau, mudah diperoleh dan promosi yang gencar, akan memengaruhi kegiatan pemasaran. Melalui promosi, konsumen memperoleh informasi mengenai tawaran solusi yang diberikan satu produk bagi permasalahan konsumen.

Mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2021/2022 telah melaksanakan program monodisiplin mengenai Strategi Marketing Mix 4P di salah satu UMKM Emping Berkah di Kelurahan Plombokan Guna Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Program ini dilakukan dengan mendatangi pemilik UMKM Emping Berkah Desa Plombokan oleh Tim Pengabdian Masyarakat UNDIP Periode 2 Tahun 2022.

UMKM Emping Berkah menjual produk berbahan dasar umbi garut, dengan fokus pemasaran masih sekitar teman dan keluarga. Produk tersebut dijual dengan tambahan rasa seperti balado dan barbeque. Melalui kegiatan ini, diharapkan pelaku usaha UMKM Emping Berkah dapat melebarkan area pemasarannya seperti di sekolah, warung, dan menjual emping yang masih mentah dan menambah varian rasa pada emping yang dijual.

IMG-8787

Penulis: Diaz Aranandi Alde Viska (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik)
DPL: Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.