Dongkrak Melek Keseteraan Gender, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021/2022 Geliatkan Api semangat Keseteraan gender, melalui sosialiasi peran perempuan di Keluarga.

20220725-114753

Antusiasme terlukis jelas dari wajah kelompok Ibu PKK dan Kader yang mengikuti Sosialisasi bertajuk Keseteraan Gender dalam pengambilan keputusan di keluarga, kegiatan tersebut menjadi salah satu program kerja unggulan sekaligus bentuk upaya untuk mendongkrak derajat kesadaran mengenai pentingnya keseteraan gender di keluarga. Diskusi tersebut dihelat di kediaman Ketua PKK Desa Tambakromo, Kabupaten Bojonegoro pada Senin, (25/07/2022).

20220725-115907

POSTER-MONO-GENDER

Dewasa kini bahasan mengenai keseteraan gender menjadi aspek yang perlu diketahui secara lebih luas khususnya bagi peran perempuan yang salah satunya tercermin dari pengambilan keputusan yang terjadi di keluarga. Berbagai faktor dan dampak dari bahasan tersebut agaknya menjadi domain yang ingin disampaikan secara intensif oleh Berliana Syafa Kirana selaku Mahasiswa (Ilmu Pemerintahan) yang tergabung dalam anggota KKN Tim II UNDIP di Desa Tambakromo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. “Masih banyaknya kecenderungan pengerdilan terhadap peran perempuan dalam pengambilan keputusan dikeluarga dan masih tergerusnya beberapa hak yang seharusnya diperoleh merata,” menjadi akar lahirnya program kerja ini. Dimana dalam pelaksanaanya disampaikan pengertian keseteraan gender, bentuk keseteraan gender, jenis pengambilan keputusan dikeluarga, peran perempuan dalam keluarga hingga solusi yang ditawarkan dari realitas tersebut. Hal ini menjadi satu kesatuan yang berusaha dibingkai dalam sosialiasi yang dihadiri oleh 15 anggota kelompok ibu tersebut. Tidak ketinggalan dalam kesempatan tersebut pemateri juga membuka ruang diskusi terkait topik yang diberikan, sebagai wadah untuk berpendapat dan saling memberikan tanggapan terhadap pandangan satu sama lain secara bebas.

20220725-115805

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama bersama dengan seluruh peserta, besar harapannya buah dari digelarnya agenda sosialisasi ini menjadi pintu gerbang sekaligus tongkat estafet bagi kelompok ibu untuk terus menggelorakan pentingnya api semangat keseteraan gender secara lebih besar dikemudian hari. Yang salah satunya dapat dilakukan melalui pelibatan peran perempuan dalam pengambilan keputusan di keluarga. Diikuti dengan kesadaran terhadap pemenuhan hak, kewajiban serta ruang yang bebas bagi ibu maupun anggota keluarga untuk mengekespresikan pendapat dan berkontribusi dalam terciptanya sebuah keputusan di keluarga. Sehingga keputusan bukan lagi menjadi barang mewah yang hanya dimiliki oleh laki-laki saja tetapi menjadi milik bersama seluruh anggota keluarga.

Penulis : Berliana Syafa Kirana – 14010119140126 – Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial & Politik
Lokasi : Desa Tambakromo, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.
Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Kustopo Budiraharjo, M.P.
#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip