Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Edukasi Pentingnya Strategi Marketing STP bagi Usaha Kecil dan Menengah Guna Meningkatkan Penjualan
Mahasiswa KKN UNDIP sedang memberikan edukasi pentingnya strategi marketing STP untuk Usaha Kecil dan Menengah (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Pedurungan Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang (21/7/2022) – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro memberikan edukasi pentingnya strategi marketing STP untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) guna meningkatkan penjualan. Adanya pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan bagi para pelaku usaha dalam memasarkan produk mereka karena keadaan ekonomi di seluruh dunia yang memburuk dan tidak stabil, tak terkecuali untuk pemilik usaha skala kecil dan menengah. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku usaha, menuntut mereka membuat sebuah strategi bisnis yang sangat erat kaitannya dengan pemasaran produk.
Program edukasi ini ditujukan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah Pedurungan Kidul untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif. Adanya program ini bertujuan agar pemilik usaha dapat meningkatkan penjualan dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Strategi Marketing yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) untuk membantu pemetaan produk sehingga diharapkan tidak salah sasaran dalam penjualan. Strategi STP mampu memposisikan suatu produk dalam benak konsumen sedemikian rupa sehingga produk tersebut memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Foto: Mahasiswa KKN UNDIP berfoto bersama owner “Pisang Keju Dinna” setelah memberikan edukasi pentingnya strategi marketing STP untuk Usaha Kecil dan Menengah. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Pelaksanaan program ini diawali dengan pembuatan booklet yang menjelaskan strategi marketing STP secara singkat dan menarik. Kemudian dilanjutkan dengan edukasi secara langsung dengan mendatangi beberapa Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah Pedurungan Kidul. Para pemilik usaha memberikan tanggapan yang baik dan positif terkait adanya program ini. Dengan demikian, diharapkan penerapan strategi STP pada usaha masyarakat akan membantu proses pemasaran produk dengan lebih efektif yang dapat berdampak pada peningkatan penjualan.
Penulis : Nur Aini Sa’adati (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik)
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.
Lokasi KKN : Kelurahan Pedurungan Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang