MENUMBUHKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA UMKM! MAHASISWA KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO MEMBERIKAN PENYULUHAN DAN EDUKASI PENTINGNYA EKONOMI KREATIF GUNA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DESA

1

Penyampaian Materi dan Edukasi Oleh Mahasiswa

Mahasiswa Tim II Universitas Diponegoro Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang (Minggu, 24 Juli 2022) melakukan penyuluhan dan edukasi mengenai pentingnya pemahaman mengenai ekonomi kreatif kepada ibu-ibu PKK Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Pada penyuluhan ini mahasiwa menjelaskan mengenai pengertian ekonomi kreatif, visi pengembangan ekonomi kreatif, misi pengembangan ekonomi kreatif, manfaat ekonomi kreatif, dan ruang lingkup ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif sendiri adalah suatu konsep untuk merealisasikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan berbasis kreativitas. Pemanfaatan sumber daya yang bukan hanya terbarukan bahkan tidak terbatas, yaitu ide, gagasan, bakat atau talenta dan kreativitas. Penyuluhan dan edukasi dilakukan di taman baca RW 03 dimana penyuluhan dan edukasi dilakukan dengan melakukan presentasi secara langsung di depan ibu-ibu PKK dan membagikan modul. Proses penyuluhan dan edukasi berjalan dengan baik karena ibu-ibu PKK sangat antusias mendengarkan dan melakukan tanya jawab sehingga mahasiswa juga merasa sangat senang.

Mahasiswa Tim II Universitas Diponegoro Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang berharap dengan adanya penyuluhan dan edukasi ini peserta dapat mengaplikasikan ekonomi kreatif untuk mendapatkan tambahan penghasilan dan meningkatkan pertumbuhan masyarakat dan desa dengan memanfaatkan ide atau gagasan masing-masing dengan ruang lingkup ekonomi kreatif diantaranya periklanan (advertising), arsitektur, pasar barang seni, kerajinan (craft), desain, fashion, video, film, fotografi, permainan interaktif (game), musik, seni pertunjukan (showbiz), penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak (software), televisi dan radio, riset dan pengembangan, serta kuliner.

2

Foto Bersama Ibu PKK Setelah melakukan Penyuluhan

3

Dokumentasi Modul Ekonomi Kreatif

4

Dokumentasi Poster Ekonomi Kreatif

Penulis : Reza Pala’langan, Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022, Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Meiny Suzery, MS.