Meningkatkan Pemahaman Mengenai Pentingnya Dokumen Kependudukan, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Berikan Sosialisasi Kepada Remaja di Desa Leyangan

Kabupaten Semarang (16/7/2022) – Mahasiswa KKN Tim II Undip 2022 memberikan penyuluhan mengenai pentingnya kepemilikan Dokumen Kependudukan terkait dengan pemenuhan hak-hak seseorang sebagai Warga Negara Indonesia. Penyuluhan ini tujukan kepada anggota Karang Taruna Desa Leyangan, yang mana dalam pelaksanaannya bersamaan dengan acara kumpul rutin bulanan, tepatnya pada hari Sabtu, 16 Juli 2022. Pelaksanaan kegiatan penyuluhan yang mengangkat tema “Pentingnya Dokumen Kependudukan untuk Pengakuan dan Perlindungan di Hadapan Hukum untuk Mewujudkan Peace, Justice, and Strong Institution (SDGs Nomor 16)” ini dilakukan di lingkungan Dusun Jetis, Desa Leyangan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Salah satu Dokumen Kependudukan yang wajib dimiliki oleh seorang Warga Negara Indonesia saat ia telah berusia 17 tahun adalah Kartu Tanda Penduduk, sebagai bukti bahwa ia benar merupakan seorang dengan kewarganegaraan Indonesia, yang mana keberadaannya telah diakui dihadapan hukum. Penyuluhan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan betapa pentingnya untuk memiliki Dokumen Kependudukan, sehingga para warga tidak akan menunda untuk melengkapi dokumen-dokumen tersebut jika diperlukan di masa yang akan datang.

IMG-5386

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ketua Karang Taruna Dusun Jetis dengan memberikan sepatah-dua patah kata sambutan, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian penyuluhan tentang Dokumen Kependudukan. Mahasiswa KKN Tim II Undip 2022 membagikan brosur dan poster yang memuat informasi dasar mengenai Dokumen Kependudukan untuk memudahkan para remaja dalam memahami informasi yang diberikan. Seluruh anggota Karang Taruna Dusun Jetis turut berperan cukup aktif dalam kegiatan penyuluhan ini dengan mengungkapkan rasa keingintahuan lebih jauh tentang Dokumen Kependudukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar topik yang dibahas.

Poster-2

Penulis : Arwidyananda Putri – 11000119130637 – Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
DPL : Ir. Sutrisno, M.P.
Lokasi KKN : Desa Leyangan, Kec. Ungaran Timur, Kab. Semarang, Jawa Tengah