Wujudkan Generasi Muda Junjung Netiket, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN UNDIP!

20220802-131935
20220803-095331
IMG-20220808-WA0038
20220714-093037

Donowangun – Di era digital ini, internet dan gadget sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Pasalnya, keberadaan internet mampu memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Salah satunya yaitu lebih mudah dalam memperoleh informasi. 

Meskipun akses internet yang serba dimudahkan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Penggunaan internet secara berlebihan tentu juga dapat memberi dampak negatif yang berisiko merusak kualitas generasi penerus bangsa. Hal ini ditandai dengan banyaknya kasus kejahatan siber yang dilakukan oleh kalangan muda.

Menyadari masalah tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro periode 2021/2022 mengadakan beberapa program sebagai upaya mencegah kecanduan internet dan gadget pada anak, serta mengajak generasi muda mengenali bagaimana netiket dalam bermedia sosial. 

Program yang dibawakan oleh mahasiswa KKN UNDIP antara lain, penyuluhan tentang pengawasan orang tua terhadap penggunaan internet dan gadget pada anak-anak, pengenalan permainan tradisional kepada anak, dan penyuluhan terkait bijak dalam berinternet dan bermedia sosial. Program kerja multidisiplin ini diselenggarakan mulai tanggal 14 Juli sampai  3 Agustus 2022 dengan sasaran peserta meliputi ibu-ibu, anak-anak, dan remaja di Desa Donowangun, Kec.Talun, Kab.Pekalongan. 

Program penyuluhan terkait pentingnya pengawasan orang tua terhadap penggunaan internet dan gadget pada anak dilaksanakan dengan pemberian informasi dan diskusi mengenai dampak negatif penggunaan gadget, serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif tersebut. Mahasiswa KKN UNDIP juga menegaskan bahwa penggunaan gadget pada anak harus dibatasi, misalnya 1 jam untuk 1 hari serta pengawasan dari orang tua terkait browsing yang dilakukan oleh anak dan selektif dalam memilih aplikasi yang digunakan. Para ibu juga menyetujui hal tersebut dan akan berusaha dalam membatasi waktu penggunaan gadget pada anak.

Selanjutnya, mahasiswa KKN UNDIP memberikan program pengenalan permainan tradisional kepada anak-anak di Desa Donowangun. Permainan yang dikenalkan meliputi permainan ular naga, engklek, kucing-kucingan, dan ampar-ampar pisang. Program ini bertujuan untuk membantu mengurangi tingkat kecanduan internet pada anak dan sebagai upaya mengenalkan permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan seiring berjalannya waktu. Selain itu, permainan tradisional juga bermanfaat dalam membantu meningkatkan kemampuan motorik anak, kemampuan berkonsentrasi, serta melatih kerjasama tim bagi anak.

Mahasiswa KKN UNDIP juga memberikan penyuluhan terkait bijak dalam berinternet dan bermedia sosial yang diselenggarakan di MTs Muhammadiyah Darussalam Talun. Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian informasi mengenai dampak positif dan negatif dari penggunaan internet dan sosial media, contoh kasus cyberbully dalam kehidupan sehari-hari, netiket dalam bermedia sosial, serta  upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari dampak negatif bermedia sosial. Keempat program kerja yang telah dijalankan mendapatkan antusias dari peserta. 

Penulis: Rifda Ayu Aqila mahasiswi Psikologi, Taukhida Puspitarini mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan, Aprilia Nurohma mahasiswa Teknologi Pangan, dan Naeni Ristika mahasiswa Teknik Industri.
KKN Tim II Universitas Diponegoro periode 2021/2022
Lokasi: Desa Donowangun, Kec.Talun, Kab.Pekalongan
DPL: Desyta Ulfiana, S.T.,M.T