Mahasiswa KKN TIM II Undip Melakukan Edukasi SOP Pelayanan Melalui Inovasi Standing Banner di Kelurahan Kalibanteng Kulon
Semarang, (29/07/22) – Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah panduan yang berkaitan dengan prosedur yang harus dijalankan oleh perusahaan atau organisasi. Standar Pelayanan merupakan tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.
Dengan adanya SOP Pelayanan yang jelas dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di suatu organisasi atau perusahaan. Apabila organisasi khususnya organisasi pemerintahan dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik maka akan meningkatkan kepuasan masyarakat dan meningkatnya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
Di Kantor Kelurahan Kalibanteng Kulon sendiri SOP Pelayanan yang terdiri dari alur pelayanan dan persyaratan pelayanan dokumen hanya tersedia dalam bentuk papan informasi yang tulisan didalamnya sangat kecil sehingga membuat masyarakat sedikit kesulitan dalam melihat persyaratan yang diperlukan dalam permohonan dokumen. Kemudian papan informasi yang tersedia secara ukuran, mobilisasi, kompleksitas dan daya tarik belum dikemas secara menarik.
Maka dari itu, melihat situasi tersebut mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan edukasi terkait pembuatan standing banner yang didalamnya berisi alur pelayanan dan persyaratan pelayanan khususnya dokumen kependudukan. Selain memberikan edukasi, mahasiswa KKN Undip membuatkan standing banner SOP Pelayanan di Kelurahan Kalibanteng Kulon dengan tujuan untuk memudahkan akses dan menarik perhatian masyarakat dalam memahami informasi pelayanan yang tersedia di Kelurahan Kalibanteng Kulon secara lebih mudah.
Respon Pak Lurah dan Staf Pelayanan Kelurahan Kalibanteng Kulon sangat baik pada saat diberikan edukasi mengenai pembuatan standing banner SOP Pelayanan dan memperhatikan dengan seksama setiap apa yang disampaikan oleh mahasiswa. Respon Pak Lurah mengenai edukasi dan pembuatan standing banner SOP Pelayanan yaitu “Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih mba sudah memperhatikan keadaan Kelurahan dan berinisiatif untuk membuatkan Standing Banner SOP Pelayanan semoga ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam mengetahui informasi pelayanan”.
Penulis : Aprilia Azizah (Administrasi Publik- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
DPL : Dr. Noer Abyor Handayani, S.T., M.
Lokasi : Kelurahan Kalibanteng Kulon, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip