GUNA MENINGKATKAN KEUNTUNGAN PENJUALAN DAN MEMPERLUAS PASAR BAGI PELAKU UMKM! MAHASISWA KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO MELAKUKAN PENYULUHAN DAN EDUKASI MENGENAI PENTINGNYA SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PENDAMPINGAN MARKETING MELALUI SOCIAL MEDIA

5

Penyampaian materi dan Pendampingan Oleh Mahasiswa

Mahasiswa Tim II Universitas Diponegoro Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang (Minggu, 24 Juli 2022) melakukan penyuluhan dan edukasi mengenai pentingnya pemahaman mengenai social media marketing dan pendampingan trik marketing kepada ibu-ibu PKK dan pelaku UMKM Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Pada penyuluhan ini mahasiwa menjelaskan mengenai pengertian social media marketing, manfaat social media marketing, pentingnya social media marketing, strategi social media marketing, platform social media marketing, dan pembuatan akun social media marketing.

Social media marketing adalah bentuk dari pemasaran digital yang menggunakan media sosial dan situs website untuk memasarkan produk atau jasa bisnis melalui cara berbayar dan organik. Penyuluhan dan edukasi dilakukan di taman baca RW 03 dimana penyuluhan dan edukasi dilakukan dengan melakukan presentasi secara langsung di depan ibu-ibu PKK dan pelaku UMKM Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang dan membagikan modul serta melakukan pendampingan pembuatan akun social media sekaligus melakukan praktik pemasaran dengan memanfaatkan social media. Adapun platform social media yang diperkenalkan adalah Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, TikTok dan WhatsApp. Strategi social media marketing yang dijarkan diantaranya jalankan audit media sosial, tetapkan sasaran dan tentukan metrik, teliti target audiens, tentukan strategi konten, tentukan strategi sosial media berbayar, pantau, ukur, dan optimalkan. Proses penyuluhan dan edukasi berjalan dengan baik karena ibu-ibu PKK sangat antusias mendengarkan dan melakukan tanya jawab sehingga mahasiswa juga merasa sangat senang.

Mahasiswa Tim II Universitas Diponegoro Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang berharap dengan adanya penyuluhan dan edukasi ini peserta dapat memahami materi social media marketing, pentingnya social media marketing, dan mengaplikasikan social media untuk pemasaran produk sehingga dapat menjangkau konsumen secara luas.

6

Foto Bersama Ibu PKK Setelah melakukan Penyuluhan

7

Dokumentasi Modul Social Media Marketing

Merah-dan-Putih-Ilustrasi-Lomba-17-Agustus-Poster

Dokumentasi Poster Social Media Marketing

Penulis : Reza Pala’langan, Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022, Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Meiny Suzery, MS.