@Edukasi Pemasaran (dasar serta strategi) untuk UMKM. Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Beri Edukasi dan Pendampingan untuk UMKM Kelurahan Sadeng.

Proker-UMKM

Sadeng, Kota Semarang (07/08/2022) – Masalah penting yang sering kali ditemukan pada UMKM di Indonesia adalah masalah pemasaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan pemilik UMKM dalam pemahaman dasar pemasaran serta strateginya. Memiliki pemahaman dasar tentang pemasaran tentu sebuah hal yang harus dimiliki UMKM. Apabila tidak memiliki pemahaman dasar tentang pemasaran agar UMKM dapat mengembangkan serta memperluas cakupan bisnisnya. Oleh karena itu, melakukan pemberian edukasi tentang pemasaran kepada UMKM merupakan sebuah solusi yang tepat dari masalah pemasaran yang dihadapi oleh pemilik usaha UMKM.

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran serta memberikan pengetahuan akan pemasaran, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan edukasi serta pendampingan akan pentingnya pemahaman dasar bagi UMKM pada Ibu-Ibu PKK RT 05 Krajan Kelurahan Sadeng. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini yaitu tentang pengetahuan dasar pemasaran dimulai dari unsu-unsur pemasaran hingga strategi pemasaran.

Whats-App-Image-2022-08-07-at-10-44-52-AM

Kegiatan dilakukan pada pertemuan PKK yang dilaksanakan pada RT 05 Desa Krajan Kelurahan Sadeng. Mahasiswa memberikan edukasi dengan memaparkan materi dan dibantu oleh media video, powerpoint, dan leaflet untuk mempermudah dalam penyampaian materi dan mempermudah audiens dalam memahami dan menerapkan materi yang telah disampaikan oleh mahasiswa.

Dengan dilakukannya kegiatan edukasi pemasaran UMKM berharap agar ilmu yang disampaikan dapat di implementasikan dalam usaha UMKM masyarakat Sadeng dan dilakukan secara berkelanjutan, serta dapat berkembangnya bisnis UMKM.

Penulis : Faisal Rahman
NIM : 12020219130085
DPL : Ir. Hermin Werdiningsih, M.T.
Lokasi KKN : Kelurahan Sadeng, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang