KREATIF DAN INOVATIF! Mahasiswa KKN TIM II Undip Melakukan Sosialisasi Etika Berinternet Penggunaan Sosial Media Melalui Video Animasi!

Semarang (27/07/2022) – Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini perkembangan teknologi yang begitu pesat membawa perubahan-perubahan di dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satunya ialah penggunaan gadget untuk keperluan komunikasi antar satu dengan yang lainnya. Dengan adanya perubahan ini maka masyarakat dapat dengan mudah untuk berinteraksi kapanpun dan dimanapun.

Namun seiring dengan perubahan kemajuan yang terjadi, masyarakat seringkali lupa bahwa pengguna sosial media ialah dari khayalak banyak. Akhir-akhir ini sering kita jumpai mengenai kasus Cyberbullying yakni mengenai bentuk kekerasan melalui dunia maya (internet). Menurut survei UNICEF U-Report 2021,” Sebanyak 45 persen dari 2,777 anak muda usia 14-24 tahun pernah mengalami cyberbullying”. Argumen tersebut diperkuat dengan apabila kita saat ini melihat media nasional ataupun sosial media yang selalu menghadirkan kasus kasus artis ataupun masyarakat yang tersandung kasus UU ITE.

Whats-App-Image-2022-08-09-at-8-16-10-AM

Oleh karena melihat kasus ini, Mahasiswa KKN TIM II Undip yang Bernama Hasna Adila Retno Setiadi atau yang biasa dipanggil Hasna ini membuat Video Edukatif mengenai Etika Berinternet dalam Penggunaan Sosial Media. Hal ini dilakukan untuk menarik dan mempermudah masyarakat untuk melihat dan memahami maksud arti dari Etika Berinternet dalam Penggunaan Sosial Media.

Whats-App-Image-2022-08-09-at-8-16-34-AM

Kegiatan ini dilakukan dengan cara menampilkan video kepada beberapa warga RW09 Kelurahan Gajahmungkur dan juga dengan men-share kepada grup Whatsapp dengan maksud dan tujuan agar seluruh warga Kelurahan Gajahmungkur dapat menerima video edukasi tersebut. Dalam pelaksanaanya kegiatan ini mendapat respon yang memuaskan baik yang dilakukan penampilan langsung maupun yang di share melalui Whatsapp Grup.

Penulis : Hasna Adila Retno Setiadi (D4-Informasi dan Hubungan Masyarakat 2019)
DPL : Dr.Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.
Lokasi KKN: RW09 Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah