Salah Ambil Langkah Strategi Pemasaran? Pelaku UMKM Harus Kenalan Terlebih Dahulu dengan Konsumen Produk dan 4P
SLEMAN (5/8) – Menyusun strategi untuk pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi hal yang seringkali dilaksanakan tanpa pengetahuan dasar yang tepat sehingga produk tidak terpasarkan dengan baik terhadap target konsumen. Sebagai upaya untuk membangkitkan kembali produktivitas UMKM di masyarakat pasca pandemi, berbagai kebijakan dan strategi seperti pelatihan, sosialisasi, maupun pemberian bantuan terus dikembangkan oleh pemerintah dengan berbagai pihak lainnya seperti lembaga pendidikan. Upaya pemberian pemahaman terkait pemasaran produk dapat diberikan dari pengetahuan dasar seperti segmentasi dan 4P yaitu Product, Price, Promotion, dan Place. Sebagai bentuk dukungan dalam memajukan UMKM, salah satu program monodisiplin KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022 dilaksanakan dengan melaksanakan sosialisasi Strategi 4P dan Segmentasi pada masyarakat terutama pelaku usaha dan ibu-ibu PKK di Kelurahan Harjobinangun, Kecamatan Pakem.
Pemberian sosialisasi strategi 4P dan segmentasi dipresentasikan dengan membicarakan penjelasan mengenai masing-masing unsur dari 4P dan pentingnya menentukan segmentasi produk UMKM. Dengan memahami segmentasi produk tersebut, pelaku usaha dapat mengenali target konsumen utama yang akan dituju. Kemudian strategi 4P dapat direncanakan berdasarkan pemahaman terhadap target konsumen tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengkomunikasikan produk kepada konsumen secara efektif dan efisien.
Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Pedukuhan Jurangjero pada hari Jumat, 5 Agustus 2022. Berdasarkan hasil diskusi dengan masyarakat dan perangkat desa ditemukan bahwa terdapat sejumlah pelaku UMKM yang mengalami kesulitan dalam pemasaran dan penjualan produk terutama selama pandemi hingga pasca pandemi ini. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan sosialisasi Strategi 4P dan Segmentasi oleh Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini dapat meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM dan ibu-ibu PKK mengenai pemasaran yang tepat.
Pemberian buklet berisikan berbagai informasi serta tips pemasaran dan layanan konsultasi usaha juga disediakan untuk seluruh masyarakat Pedukuhan Jurangjero sehingga para pelaku usaha dapat menerapkan strategi pemasaran dengan tepat. Kegiatan berjalan dengan lancar yang disambut secara antusias dari pelaku usaha dan ibu-ibu PKK di Pedukuhan Jurangjero.
Oleh : Aulia Dhiya Ulhaq (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
DPL : Ir. Kustopo Budiraharjo, M.P.