Memahami 5 Kunci Keamanan Pangan Bersama Mahasiswi KKN Tim II Undip

IMG-20220728-104136

Salatiga (29/07/2022) – Sejumlah Mahasiswa/i dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II di Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 4 Juli 2022 – 18 Agustus 2022. Pada tanggal 29 Juli 2022 dan 3 Agustus 2022, Mahasiswa/I tersebut telah suskses melakukan penyuluhan akan pentingnya keamanan pangan kepada para pelaku UMKM di RW 08 Tegalsari.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mewajibkan mahasiswa/i untuk terjun langsung ke dalam masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan yang telah mereka dapatkan di bangku perkuliahan. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM di RW 08 Tegalsari terkait pentingnya keamanan pangan berserta peraturannya.

IMG-20220728-103727

Penyuluhan Terkait Pentingnya Keamanan Pangan Berserta Peraturannya Kepada Para Pelaku UMKM Di RW 08 Tegalsari (29/07/2022)

Dalam kesempatan ini, salah satu Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip), Kintan Anindya Putri, sebagai mahasiswi semester 6 turut menjalankan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertajuk “5 Kunci Keamanan Pangan Beserta Peraturannya”. Adapun tujuan dari program ini adalah untuk menanamkan kesadaran kepada para pelaku UMKM Di Tegalsari akan pentingnya keamanan pangan serta mendukung SDGs nomor 12 tentang Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.

IMG-1493

Penyuluhan Terkait Pentingnya Keamanan Pangan Berserta Peraturannya Secara Door To Door (03/08/2022)

Dengan memiliki pengetahuan mengenai 5 kunci keamanan pangan dan dapat menerapkan hal tersebut di dapur mereka serta memastikan bahwa produk yang dijual berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi, maka akan menarik calon pembeli dan meningkatkan loyalitas mereka kepada bisnis. Hal ini tentunya juga berdampak pada peningkatan penjualan.

Kintan Anindya Putri berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan terkait keamanan pangan beserta peraturannya ini dapat memberikan pemahaman yang bermanfaat bagi para pelaku UMKM di Tegalsari agar dapat selalu menjaga keamanan pangan serta menjaga kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Oleh : Kintan Anindya Putri (Mahasiswi Fakultas Hukum, KKN Tim II UNDIP Tahun 2022)
Dosen Pembimbing Lapangan : Naintina Lisnawati S.K.M., M.Gizi.