Pendampingan Penyusunan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Alokasi Dana Desa

Gerdu – Selasa, 25 Juli 2017 Beberapa mahasiswa KKN TIM II Undip mengadakan program monodisiplin ke perangkat Desa Gerdu. Kegiatan ini yaitu Pendampingan Pembuatan Surat Pertaggung Jawaban (SPJ) Alokasi Dana Desa. Kegiatan ini bertempatan di Balai Desa Gerdu. Yang menjadi sasaran dari program ini yaitu perangkat desa khususnya bendahara desa dan sekretaris desa (carik). Program ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggl 23Juli sampai 25 Juli 2017 pada saat jam kerja yaitu pukul 09.00-11.00.

Sistematika pelaksanaan program ini yaitu pertama melakukan pemaparan materi terkait cara penyusunan surat pertanggungjawaban (SPJ) dan selanjutnya melakukan pendampingan kepada perangkat desa yang berwenang dalam penyusunan SPJ tersebut.

Program ini dipilih sebagai salah satu program monodisiplin karena perangkat desa yang membutuhkan bantuan dalam pembuatan surat pertanggung jawaba (SPJ) yang baik dan benar. Kendala yang sering dihadapi oleh perangkat desa di berbagai desa yaitu sulitnya mencairkan dana desa karena pembuatan surat pertanggung jawaban (SPJ) belun terselesaikan. Molornya pembuatan surat pertanggungjawaban (SPJ) dana desa salah satunya disebabkan oleh faktor sumber daya manusia (SDM) yang kurang memahami administrasi keuangan desa. Apalagi, saat ini banyak perangkat desa yang sudah berusia senja dan ini merupakan permasalahan klasik yang sering terjadi. Oleh sebab itu, program ini dipilih dan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN TIM II Undip agar permasalahan yang terjadi terkait dengan pembutan surat pertanggungjawaban (SPJ) dapat teratasi.

Dengan adanya program ini diharapkan tidak ada keterlambatan dalam penyusunan surat pertanggungjawaban (SPJ) agar dana desa yang sudah dialokasikan ke beberapa program dapat dicairkan tepat pada waktunya. Dan harapannya perangkat desa yang berwenang dalam pembuatan SPJ dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.

FOTO MONO SPJ