Wujudkan Keaktifan Berorganisasi, Mahasiswi KKN TIM II UNDIP Memperkenalkan Efektivitas Organisasi dalam Karang Taruna di Kelurahan Mlatibaru

Whats-App-Image-2022-08-09-at-11-35-33

Sosialisasi Efektivitas Organisasi bersama Karang Taruna Kelurahan Mlatibaru

Semarang (16/7/22) – Generasi muda merupakan salah satu pion penting sebagai penggerak untuk mencapai kesejahteraan sosial dalam masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan adanya keterlibatan aktif dari para generasi muda yang terkumpul dalam suatu organisasi pemuda, salah satunya adalah karang taruna. Karang taruna memiliki misi untuk membina pemuda khususnya di pedesaan, dengan visi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kreativitas generasi muda untuk menjalin persaudaraan dan kebersamaan menjadi mitra organisasi lembaga, baik kepemudaan maupun pemerintah. Namun, kurangnya keterlibatan aktif para anggota mampu menghambat mencapai tujuan tersebut.

fix-2
Screenshot-1465

Berdasarkan informasi dari ketua Karang Taruna Kelurahan Mlatibaru, Mba Alifia Putri, bahwa keberlangsungan kegiatan belum efektif dikarenakan kurangnya keterlibatan para anggota dan faktor lainnya. Oleh sebab itu, mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro terdorong untuk berbagi ilmu bersama Karang Taruna Kelurahan Mlatibaru, Semarang Timur mengenai “Efektivitas Organisasi dalam Karang Taruna” dengan media yang digunakan adalah membagikan selebaran berisikan materi sosialisasi yang dibawakan.

Sosialisasi diikuti oleh Karang Taruna Mlatibaru yang bertempat di rumah Ketua RW 07, Kelurahan Mlatibaru dengan sharing bersama, berbagi ilmu bagaimana cara untuk mencapai efektivitas organisasi agar mencapai tujuan bersama serta manfaat dari efektivitas organisasi. Bersamaan dengan pertemuan untuk membahas agenda 17-an, para anggota juga kerap bertanya dan memberikan pendapat mereka selama kegiatan sosialisasi. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan para anggota termotivasi dan beperan aktif dalam Karang Taruna Kelurahan Mlatibaru.

Penulis : Joanne Evin Tyastorini, Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
DPL : Apip., SE., M.Si