Upaya Memajukan UMKM Desa Tegalsari RW 08 dengan Edukasi Panduan Ber-UMKM

Salatiga (29/7, 03/8) Usaha mikro kecil dan menengah atau yang biasa disebut UMKM merupakan pelaku bisnis yang bergerak pada berbagai bidang usaha, yang mencakup kepentingan masyarakat. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan penopang perekonomian bangsa. Kita bahkan tidak dapat menafikan betapa sangat besar peran UMKM dalam menekan angka pengangguran, menyediakan lapangan kerja, mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan dan membangun karakter bangsa melalui kewirausahaan. Menurut https://opop.jabarprov.go.id ternyata sekitar 70% UMKM yang ada di Indonesia memulai UMKM tersebut karena adanya desakan ekonomi bukan karena mereka memiliki produk yang unik atau keterampilan pada bidang tertentu. Kondisi ini membuat sebagian besar dari UMKM tidak memiliki daya saing, padahal untuk tetap bertahan dan berkembang di dalam dunia bisnis kita harus memiliki keterampilan, dapat bekerja secara profesional, dan mampu menciptakan inovasi-inovasi. Seperti halnya pada Desa Tegalsari, UMKM yang ada cenderung homogen dan kurang bervariasi, seperti contoh warung kelontong, warung mie ayam/bakso, dan angkringan.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN tim 2 UNDIP melakukan edukasi dengan tajuk “Upaya Memajukan UMKM Desa Tegalsari RW 08 dengan Edukasi Panduan Ber-UMKM”. Pada intinya, edukasi ini bertujuan untuk menambah insight pelaku UMKM bagaimana cara menjalankan UMKM dengan baik serta memunculkan ide-ide baru bagi pelaku UMKM.
Kegiatan edukasi ini berupa sosialisasi yang dilakukan pada 29 Juli 2022 dan 03 Agustus 2022 yang dilakukan secara door to door dengan mengunjungi beberapa UMKM yang ada di Desa Tegalsari RW 08, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. Materi Pelaksanaan progam sosialisasi ini berisi bagaimana cra mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam meningkatkan UMKM, cara me-manajemen UMKM, cara memasarkan produk, dan contoh ide bisnis yang bisa dilakukan. Setelah melakukan sosialisasi, pelaku UMKM diberikan booklet yang berisi materi sosialisasi agar mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang materi yang sudah disampaikan.

839-EBFEC-598-B-4157-9-AC6-3772-A6-A4-EE1-B

Sosialisasi Upaya Memajukan UMKM
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Penulis : Darodjatun Aulia Akbar (Mahasiswa Progam Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, KKN Tim II UNDIP 2021/2022)
Dosen Pembimbing Lapangan : Naintina Lisnawati, S.K.M., M.Gizi.