Pentingnya Business Engagement dalam Digital Marketing untuk Mengembangkan UMKM di Kelurahan Sadeng
(Ket. : Kegiatan Sosialiasi di Rapat PKK RT 03 Dusun Krajan, Kelurahan Sadeng oleh Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro)
Sadeng, Kota Semarang (09/08/2022) – Salah satu cara yang kerap dilakukan oleh masyarakat di pedesaaan untuk menambah penghasilan serta pemasukan ialah dengan melakukan serta mengembangkan bisnis berupa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), tak terkecuali di wilayah Kelurahan Sadeng, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Sadeng sendiri memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah, salah satu yang telah berjalan ialah bisnis keripik singkong. Usaha ini telah mampu berjalan, namun sayangnya masih belum berjalan optimal. Salah satu kendala yang saya temui pada saat melakukan survey ialah jumlah modal serta pemasukan yang didapat melalui UMKM tersebut berjumlah sama atau tidak menghasilkan keuntungan. Pemasukan yang didapat hanya mampu digunakan sebatas untuk kebutuhan sehari-hari, ujar salah seorang warga yang saya temui saat menghadiri rapat PKK di Dusun Krajan, Sadeng.
Berdasarkan permasalahan tersebut, saya bersama beberapa rekan kelompok KKN Tim II Undip Kelurahan Sadeng pun membuat sebuah kegiatan sosialisasi untuk membantu mengembangkan UMKM yang ada di Kelurahan Sadeng berbasis digital. Kegiatan yang saya lakukan ialah memperkenalkan salah satu aspek penting dalam melakukan digital marketing yang masih sering tidak diperhatikan oleh para pengusaha, yaitu Engagement. Engagement dalam kegiatan wirausaha sendiri dapat diartikan sebagai respon timbal balik atau feedback yang konsumen berikan kepada kita selaku pengusaha. Engagement memiliki peran yang cukup besar bagi para wirausahawan dalam membantu mengembangkan bisnis, karena membuat kita lebih paham akan kondisi dari produk serta perusahaan yang kita bangun di mata konsumen. Feedback yang didapat tersebut mampu berbentuk kritik atau saran yang bersifat positif maupun negatif yang dapat membantu kita mengevaluasi kegiatan wirausaha yang telah kita lakukan, sehingga kita mampu mengetahui apa kemauan konsumen serta mengetahui bagaimana hasil dari upaya yang kita lakukan. Sasaran dari program kami ini ialah Dusun Krajan, Kelurahan Sadeng yang memiliki banyak UMKM yang telah berjalan maupun sedang merintis.
Dengan adanya program sosialisasi ini, saya dan teman-teman berharap warga Kelurahan Sadeng khususnya di Dusun Krajan mampu membangun serta mengembangkan UMKM yang dimiliki sehingga tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari saja namun juga mampu memperoleh keuntungan untuk menambah pemasukan yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha yang telah dilakukan.
Penulis : Faizal Ihsan Wicaksana (S-1 Psikologi)
DPL : Ir. Hermin Werdiningsih, MT
#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip